Seminar STIMA Universitas Majalengka : Merangsang Inovasi Desa Menuju Era 4.0 Melalui Pemanfaatan Internet of Things (IoT)

MAJALENGKA, korandesa.id – Ratusan Peserta hadiri acara Seminar Teknologi Universitas Majalengka (STIMA) 4.0, Seminar yang dimotori oleh Fakultas Teknik Universitas Majalengka ini dikarenakan semakin pesatnya persaingan Era Teknologi jaman sekarang berharap dengan adanya seminar ini bisa Merangsang Inovasi Desa Menuju Era Industri 4.0 Melalui Pemanfaatan Internet of Things (IoT), kegiatan ini dilaksanakan di gedung Auditorium Universitas Majalengka (UNMA), Jum’at(23/08/2019).

Dengan memasuki Era Industri 4.0 dimana era digital dan internet di Indonesia sudah masuk ke lingkungan Masyarakat dalam beberapa tahun Kebelakang, Akibatnya perubahan besar pun melanda dunia bisnis dan entrepreuneurship sehingga di era ini manusia dipaksa untuk terus berinovasi agar tidak termakan oleh zaman.

Untuk membangun dan mempersiapkan Industri 4.0 di Indonesia terdapat banyak hal yang perlu dipertimbangkan diantaranya adalah yang paling pokok adalah tersedia Sumber Daya Manusia yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan kemampuan didalam melakukan proses pekerjaan yang dilakukan mampu berinteraksi dengan sistem dan teknologi.

Acara ini juga hadirkan Empat Narasumber yakni, Aris Kurniawan, S.Sos., M.Comn. (Kasubdit Pemberdayaan Kapasitas TIK Kementerian Komunikasi dan Informatika RI), Dr. Andri Irfan (Dostap Teknik Sipil UNMA, Praktisi Transportasi), Ariani Djalal, M.Mkom. (Magister Komunikasi). Staf Kepresidenan RI Deputi IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi. Dr. Johandri (Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Praktisi IoT, Founder Phytonesia)

Dony Susandi, MT. Selaku Ketua Panitia seminar ini memaparkan, Dalam mengurangi dampak disrupsi salah satunya adalah mendorong kreasi dan inovasi baik itu mahasiswa ataupun masyarakat dalam menciptakan teknologi tepat guna dan mengadaptasi teknologi terkini.

“Diharapkan Mahasiswa dengan Masyarakat Desa saling berkontribusi sehingga bisa menembus era revolusi industri 4.0 dan bisa menjadi solusi untuk bangsa,” Ucap Wakil Dekan I Fakultas Teknik.

Rektor Universitas Majalengka melalui Wakil Rektor I Universitas Majalengka Dr. H. Diding Bajuri S.E, M.Si mengatakan, Harapan dengan adanya kegiatan ini melalui internet bagaimana desa bisa Mengekpost potensinya melalui media digital sehingga bisa bersaing dan mudah dikenal oleh dunia luar.

“Desa harus bersaing dengan dunia luar, oleh karenanya desa harus faham teknologi,” Pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.