Sidak Ruang Tahanan, Kapolres Majalengka Ajak Napi Perbanyak Ibadah

Majalengka, korandesa.id – Kapolres Majalengka lakukan sidak keruang tahanan guna meninjau pelayanan petugas, dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan SOP yang berlaku.

 

“Mereka memang tahanan. Meskipun berstatus tahanan, tetapi harus diperlakukan humanis dan memperhatikan koridor HAM,” Ujar AKBP Mariyono, S.I.K., M.Si., Majalengka, Kamis (06/02).

 

Tak lain sidak ini Kapolres mengingatkan penjaga agar sigap dan tidak lengah dalam melaksanakan tugas. “Banyak peristiwa tahanan kabur yang berawal dari kelengahan petugas yang kemudian dimanfaatkan untuk mengelabui dan lari dari ruang tahanan,” Kata Mariyono.

 

Dalam sidak tersebut, Kapolres Majalengka AKBP Mariyono,S.I.K.,M.Si memeriksa satu persatu ruang penjagaan dan tahanan serta fasilitas, didampingi Kasat Reskrim AKP M. Wafdan Muttaqin,S.I.K.,M.H dan Kasubag Sarpras dan Kasat Tahti Polres Majalengka.

 

Dari pantauan korandesa.id, AKBP Mariyono melakukan pengecekan tahanan dimulai dari kondisi fisik tahanan, barang bawaan yang digunakan, dan keamanan setiap ruang tahanan yang ditempati sebagai antisipasi perbuatan tidak diinginkan.

 

“Kami juga tegaskan kepada petugas, agar tidak segan-segan seluruh barang yang dinilai dapat membahayakan untuk dikeluarkan dari ruang tahanan,” Tegasnya.

 

Lanjut, kapolres juga selain periksa kelengkapan administrasi penyidikan terkait masa tahanan, ia juga cek pengawasan CCTV hingga soal kebersihan. “Kami minta agar setiap petugas jaga, benar-benar melaksanakan tugasnya sesuai dengan SOP yang ada,” Pintanya.

 

Dikesempatan itu juga, AKBP Mariyono ajak para tahanan agar memperbanyak ibadah dan ngaji diri atas perbuatannya selama ini.

 

“Perbanyak ibadah dan merenungi perbuatan yang sudah dilakukan untuk mengambil makna dan menjadi manusia yang lebih baik,” Ajak Kapolres kepada tahanan.

 

(Rick)

Tinggalkan Balasan