Tim Windstand Informatika Unma Raih Juara 2 IoT Nasional

Majalengka, korandesa.id – Tiga Mahasiswa Universitas Majalengka dari Fakultas Teknik Prodi Informatika raih gelar juara 2 kompetisi “Internet Of Things (IoT) Tingkat Nasional” yang di gelar pada tanggal 21-25 April 2019 di UIN Alaluddin Makasar.

loading...

Kegiatan permitech expo 2019 ini di gagas oleh perhimpunan mahasiswa informatika dan komputer nasional (permikomnas republik indonesia) dengan tema inovasi dari timur indonesia.

Lomba ini juga di ikuti universitas dari tiap wilayaha permikomnas sebanyak 12 wilayah dan wilayah v jabar mengirimkan 2 peserta.

Tim Robotik UNMA ini yang diwakili oleh Tiga Mahasiswa yakni Yayat Nurhidayat, Egy Agung Frastya dan Adie Iman Nurzaman mereka membuat robot yang bermama “SEGER (Smart Greenhouse Controller)” yang kegunaannya untuk penyiraman tanaman otomatis, pengendali suhu dan kelembaban tanaman otomatis dan pemupukan tanaman otomatis.

SEGER (Smart greenhouse controller) adalah sebuah konsep yang dibangun berbasis internet of things dimana suhu, kelembapan udara dapat di jaga agar sesuai yang di butuhkan tanaman. Dan sistem ini mampu melakukan penyiraman dan pemupukan otomatis selain itu karna berbasis internet of things maka petanai mampu melakukan kontrol dan monitoring lewat aplikasi dimnapun dan kapanpun yang terpenting terhubung dengan internet.

Saat salah satu wartawan korandesa.id berbincang dengan Yayat Nurhidayat beserta tim Windstand Informatika UNMA menyampaikan yang melatar belakangi dibuatnya sistem ini yaitu karna perkembangan revolusi industri 4.0 yang berpengaruh terhadap semua bidang kehidupan salah satunya dibidang pertanian yaitu greenhouse, greenhouse ini sangat diperlukan dalam menghadapi perubahan dan anomali iklim yang tak menentu sehingga berpengaruh terhadap waktu panen sebuah tanaman/sayuran.

“Dengan adanya SEGER (smart greenhouse controller) ini dimana ruang lingkup yg ada di dalam greenhouse dapat dimonitoring dan di kontrol meliputi suhu dan kelembapan udara serta kelembapan tanah yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan tanaman,” tambah yayat.

Selain itu banyak greenhouse yang sudah ada namun tidak berjalan karna sistem perawatannya yang masih manual meliputi penyiraman setiap pagi dan sore hari pemupukan, sehingga ketika petani sedang ada kegiatan lain greenhouse menjadi tidak terawat.
“Adanya SEGER ini petani tidak usah khawatir ketika greenhouse ditinggalkan karna sistem mampu menyiram tanaman secara otomatis berdasarkan kelembapan tanah. Ataupun mampu di kontrol dan di monitoring dari jarak jauh karna sistem ini berbasis internet of things.” Tambah yayat.

Ade Bastian, ST., M.Kom. selaku ketua Prodi Informatika memberi apresiasi kepada anak didiknya sekaligus memberi motivasi supaya anak didiknya terus berinovasi.
“Alhamdulillah prodi Informatika UNMA kembali menorehkan prestasi. Kali ini di tingkat Nasional. Universitas Amikom adalah PTS Senior penyelenggara pendidikan Komputer dan informatika yang sudah senior. Bereputasi nasional berkedudukan di Yogyakarta. Pantas juara. Tapi bukan berarti tak bisa kita kalahkan. Ketekunan belajar menjadi kunci segala keterbatasan. Terima kasih banyak untuk anak-anakku para pejuang hebat dan cerdas.” pungkas ade bastian.

(Erick KD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori

Read more:
Ancaman dan Tantangan Mahasiswa Menyikapi Gerakan Radikalisme

Seminar & Sosialisasi Kebangsaan Ajak Kaum Milenial Perkokoh 4 Pilar Kebangsaan

HPN 2019 : PWI Majalengka Gelar Deklarasi Millenial Road Safety Festival

Close