Tingkatkan Produktivitas Pertanian, P3A Di Lima Desa Kecamatan Sindangwangi Optimalkan Jaringan Irigasi

oleh -23 views
Saluran Irigasi blok Kemis Desa Jeruk Leueut yang sedang di perbaiki P3A Desa jeruk leuwut

MAJALENGKA, KORANDESA.ID – Penyediaan air irigasi bagi tanaman padi menjadi salah satu kunci yang mendukung peningkatan produksi pangan. Dan untuk terjaminnya penyediaan air irigasi ini, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR ) melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk – Cisanggarung Cirebon menggelontorkan anggaran untuk perbaikan sarana prasarana irigasi  melalui program percepatan peningkatan tata guna air irigasi (P3-TGAI) yang melibatkan peran Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) di tiap desa

Dalam hal ini, P3A sebagai pengelola jaringan irigasi  dipercaya untuk melaksanakan pekerjaan pembangunan pemeliharaan saluran irigasi yang ada di daerahnya dengan memanfaatkan anggaran sebesar kurang lebih 195 juta rupiah.

Seperti halnya di lima desa kecamatan Sindangwangi Kabupaten Majalengka Jawa Barat sebagai penerima program P3-TGAI tersebut.

Kelima desa itu yakni Desa Sindangwangi, Jeruk leueut, Bantar agung, Lengkong Wetan dan Ujung berung. Mereka berusaha optimal dalam mengerjalan program tersebut.

” Kami berusaha seoptimal mungkin dalam melaksanakan pekerjaan perbaikan saluran irigasi di desa kami, karena ini kepentingan para petani agar ketersediaan air untuk tanaman padi bisa terpenuhi, sehingga hasil panennya maksimal”, papar Rahmat Fauzi Kasie Ekbang desa Lengkong wetan yang di aamiinkan oleh Koswara serta kasie Ekbang di tiga desa lainnya.

Menurut Rahmat, program P3-TGAI di desanya dimanfaatkan untuk perbaikan saluran irigasi Huludayeuh di blok kemis. Pelaksanaannya sendiri dikerjakan oleh kelompok tani. “Alhamdulillah dilaksanakan sesuai rencana pembangunan, mudah mudahan pekerjaan ini selesai tepat waktu, sehingga secepatnya bisa dirasakan manfaatnya oleh para petani”, katanya penuh harap.

Hal senada juga dikatakan  Saehun kasi ekbang Bantar agung dan Kasie ekbang Ujung berung Nano menurutnya program P3-TGAI ini disambut baik para petani di desanya, “Dengan adanya program ini mereka sangat merasa terbantu, selain bisa bekerja disaat ekonomi mereka terpuruk karena dampak covid 19. Dan kedepan sawah mereka tidak akan gagal panen lagi karena dengan baiknya jaringan irigasi maka suplay air bisa terpenuhi”, jelas Saehun dan Nano pada Jum’at (02/09/2020).

Nano  menyebutkan, dalam kegiatan perbaikan, rehabilitasi dan peningkatajaringan irigasi ini sudah sesuai dengan kebutuhan juga berdasarkan prinsip kemandirian serta guna untuk mengembalikan kondisi fungsi saluran dan bangunan irigasi.

Sementara itu Direktur Jenderal (Dirjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) Sarwo Edhy mengatakan P3A merupakan salah satu lembaga atau kelompok petani di pedesaan yang andal dan berperan penting dalam pengelolaan, pemanfaatan, dan pemeliharaan air irigasi. 

Lembaga ini secara khusus mewadahi para petani yang terkait dengan tata kelola air irigasi di tingkat usaha tani sekaligus pengelolaan sumber daya air lainnya. Jelasnya. ( KD-02)

3 thoughts on “Tingkatkan Produktivitas Pertanian, P3A Di Lima Desa Kecamatan Sindangwangi Optimalkan Jaringan Irigasi

  1. Thank you for sharing your thoughts. I really appreciate your efforts and
    I am waiting for your further post thanks once again. PORNO GUIDE (Eve)

Komentar ditutup.