Tips Khusus Agar Algonema Tidak Layu dan Nampak Lebih Segar

oleh -87 views

Korandesa.id – Rupanya masa pandemi covid-19 sekarang ini banyak orang yang mengurangi kegiatannya di luar rumah dan memilih mengisi waktu dengan kegiatan di rumah bersama keluarganya.

Berbagai kegiatan untuk mengobati rasa jenuh itu tak jarang yang diisi dengan menyalurkan hobinya.

Mungkin saja hal ini menjadi salah satu faktor pemicu yang membuat beberapa tanaman hias di tanah air mengalami tren pamornya kian melambung.

Berbagai tanaman hias yang saat ini digandrungi masyarakat diantaranya yaitu Algonema.

Banyak orang yang kepincut dengan tanaman hias yang satu ini karena memiliki corak daun yang eksotis. Pantas saja karena karena algonema menyandang julukan si Ratu Daun.

Selain itu banyak orang yang sengaja memelihara Algonema karena dari sisi perwatannya relatif mudah.

Saking mudahnya dalam merawat tanaman hias yang memiliki 30 spesies ini dijuluki Chinese Evergreen.

Namun walaupun mudah perawatannya terkadang para penyuka Algonema ini mendapati tanaman kesayangannya sering terlihat layu atau tidak segar.

Nah, kalau tanaman algonema kesayangan Anda terlihat  melayu silahkan lanjutkan membaca artikel ini.

Karena ada beberapa tips khusus buat para penyuka Algonema agar daunnya selalu nampak segar, yang dirangkum dari beberapa sumber.

Tips agar daun Algonema tidak layu dan terlihat segar  :

Jika tanaman hias algonema daunnya terlihat kusam bahkan sampai layu, hal pertama yang harus Anda adalah mengecek kondisi akar dan media tanam.

Periksa barangkali ada akar yang mati kalau, ditemukan ada akar mati sebaiknya segera dipotong agar tidak menyebar lebih banyak lagi.

Nah, ada tips khusus setelah Anda membersihkan dari akar yang busuk, sebelum ditanam kembali sebaiknya direndam dulu dalam campuran air dengan vitamin B1.

Caranya cukup mudah campurkan satu tutup botol vit B1 dengan air secukupnya. Rendam akar Algonema selama 30 menit sebelum ditanam kembali.

Langkah berikutnya yaitu memeriksa bahan atau media tanam yang digunakan barakali saja media tanam tersebut tidak pas untuk media tanam Algonema.

Bahan – bahan yang cocok digunakan agar tanaman algonema tumbuh subur yaitu, akar pakis, cocopeat, sekam dicampur dengan pupuk kandang.

Nah, sisa air campuran vitamin B1 tersebut sebaiknya jangan langsung dibuang. Ini masih bisa digunakan untuk menyiram daun Algonema.

Gunakan spray untuk menyemprot daun algonema agar nutrisinya lebih terserap oleh daun.

Tunggulah beberapa hari atau hitungan jam daun- daun Algonema kesayangan Anda akan kembali terlihat lebih segar.

Selamat mencoba tips khusus agar tanaman algonema daunya tidak layu.