UNMA dan IPB kerjasama bantu UMKM Desa Bantarjati Kecamatan Kertajati

oleh -33 views

MAJALENGKA, korandesa.id – Kerja sama pelaksanaan KKN-T dan KNM dalam melaksanakan pengabdian terhadap masyarakat Mahasiswa Univeristas Majalengka dan Institut Petanian bogor yang sedang melaksanakan program pengabdian terhadap masyarakat di desa Bantarjati bantu UMKM Desa setempat buatkan kemasan, pelabelan kemasan dan ciptakan reginang bervarian rasa.

Kerja Nyata Mahasiswa (KNM) tahun ini Institut Pertanian Bogor (IPB) bekerjasama dengan Universitas Majalengka (Unma) yang merupakan bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah masyarakat di luar kampus, yang secara langsung bersama-sama masyarakat mengidentifikasi dan menangani masalah di Masyarakat Desa.

Aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan KNM ini sendiri ada dua, pertama pertama, keterpaduan pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi yang berupa pengajaran. Kedua adalah pendekatan kedisiplinan dan komprehensif, Selasa (23/07/2019).

Mahasiswa UNMA da IPB bekerja sama damping UMKM Desa Bantarjati untuk menjadi produk andalan Desa tersebut dan Menjadi mediator antara desa dan UMKM untuk bekerja sama.

Produk unggulan di Desa Bantarjati adalah Reginang UMKM dapat menjalin kerjasama dengan pihak desa dan dapat memperluas area pemasaran.

“Pengembangan pemasaran dan dan promosi UMKM Renginang ini kami buatkan kemasan dan label yang lebih menarik dan memiliki nilai jual yang baik,” Ujar Yogi Setiwan Salah Satu Mahasiswa UNMA.

Mahasiswa juga melakukan pelatihan entrepeneurship dan bekerjasama dengan pemuda desa (karangtaruna) untuk mengelola reginang dengan varian rasa reginang manis, reginang asin dan reginang pedas.

(Rick)