UNMA dan IPB kerjasama Tingkatkan Branding dan Digitalisasi UMKM Desa Ujungberung

oleh -29 views

MAJALENGKA, korandesa.id – IPB (Institut Pertanian Bogor) dan UNMA (Universitas Majalengka) menggelar Workshop Peningkatan Branding & Digitalisasi UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), bertempatan di Desa Ujungberung Kecamatan Sindangwangi Kabupaten Majalengka, Sabtu(13/07/2019).

Era industri 4.0 semakin memberi kemudahan akses digital. Karena itu, pengembangan dan penguatan SDM di bidang industri kreatif dan budaya pariwisata daerah menjadi faktor pendukung bagi tumbuh dan berkembangannya sektor UMKM.

Dalam kegiatan tersebut Mahasiswa menghadirkan Asep Rachmat Efendi dari Majalengka Mart sebagai pemateri sekaligus memberikan motivasi dan edukasi kepada masyarakat setempat.

Sekitar 6 (Enam) UMKM di Desa Ujungberung dilibatkan dalam kegiatan ini selama setengah hari dengan harap para peserta mendapat ilmu baru dan ilmu bermanfaat yang di sampaikan oleh pemateri.

Cecep Roni Sebagai Ketua Kelompok KKN-T/KNM UNMA dan IPB menerangkan “Bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membantu pelaku UMKM di Desa Ujungberung untuk melihat peluang usaha dan pasar baru dengan melihat dari sudut yang berbeda, dengan diarahkan kepada perlunya ada inovasi baru dari usaha yang sekarang telah dijalankan,” Ucapnya.

Asep sebagai pemateri meminta agar para pelaku UMKM di Kabupaten Majalengka bergandeng tangan supaya tidak terlena dengan zona nyamannya sehingga kecolongan ciri khas Majalengkanya dan malah menjadi dikembangkan oleh Kabupaten lain.

“Seperti halnya buah gincu yang dijadikan bolu kukus yang di inovasi oleh Kabupaten Bogor yang padahal buah gincu itu ciri khas Majalengka dan ini juga masih menjadi PR buat pelaku UMKM di Kabupaten Majalengka agar terus berpikir dan berinovasi agar produknya menjadi lebih unik dan belum pernah ada,” Ungkapnya.

(Rick)