Untuk Keamanan dan Kenyamanan Warga, TNI Buatkan Pos Kamling

MAJALENGKA, korandesa.id – Untuk mewujudkannya lingkungan yang aman dan nyaman maka perlu dibangun kembali Pos Sistem Keamanan Lingkungan (Poskamling) di sejumlah wilayah.

Kegiatan tambahan yang efektif dilakukan selain melaksanakan keamanan adalah sistim “Perelek” (Menyumbang beras).

Kegiatan tersebut cukup menarik untuk dicontoh di wilayah-wilayah. Seperti Perelek biasanya se-ikhlasnya ada berupa uang atau memberi beras setiap kepala keluarga perharinya.

Koin uang itu ditaruh di wadah yang sudah disiapkan sendiri oleh pemilik rumah. Posisinya biasanya di pintu depan rumah. Dalam satu bulan bila dikumpulkan hasilnya cukup lumayan.

Hasil dari uang “Perelek”yang diambil setiap hari bisa memberikan konstribusi dana sosial, keamanan dan warga yang mengalami musibah.

Disamping itu juga bisa dimanfaatkan untuk kepentingan lain yang lebih produktif. Misalnya untuk operasional kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI, halal bihalal, maupun acara sosial lainnya, semua itu bisa diambilkan dari uang “Perelek”.

Peran serta masyarakat untuk menjaga keamanan wilayah sangat penting. Tujuan di adakannya poskamling itu sendiri adalah untuk menjaga keamanan.

Aparat tanpa didukung peran serta masyarakat juga hasilnya tidak akan bisa maksimal. Dengan peran serta warga maka akan lebih mudah menciptakan lingkungan yang aman, tertib dan nyaman.

Meskipun terlihat sederhana Poskamling keberadaannya sangat penting. Melalui pengadaan poskamling keamanan lingkungan perumahan akan lebih terjaga dari tindakan kejahatan.

Sistem keamanan lingkungan pada lingkungan perumahan perlu untuk diberdayakan. Hal ini bisa dilakukan melalui penjadwalan untuk menjaga lingkungan perumahan mereka.

“Sejalan dengan itu saya sangat mengapresiasi kegatan lomba poskamling seperti di Kabupaten Majalengka. Tim yang melakukan penilaian lomba dari TNI, Polri, kesbangpol, dan Satpol PP akan memberikan penilaiannya meliputi kondisi pos dan perlengkapan yang tersedia,” ungkap salah tokoh masyarakat Desa Argasari, Hasan.

Menurut diq, diharapkan melalui lomba seperti ini akan menginspirasi warga masyarakat agar membudayakan terbentuknya siskamling. Dengan demikian lingkungan akan semakin aman dan terhindar dari kriminalitas.

(Rick)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.