Warga Sukaraja Kulon Geger, Pohon Pisang Tumbuh Diatas Batang Pohon Dangdeur

MAJALENGKA, korandesa.id – Warga sekitar Desa Sukaraja Kecamatan Jatiwangi di gegerkan dengan ditemukanya pohon pisang yang tumbuh di batang pohon Randu Alas ( Dangdeur ).

Pohon pisang yang tumbuh pada batang dangdeur tersebut ditemukan pertamakali oleh Suryana alias Unci salah seorang juru kunci Makam Syech Maulana Abdurahman Akbar ( Adipati Ewanggasona ) atau lebih dikenal dengan sebutan makam depok yang terletak di Desa Sukaraja Kulon Kecamatan Jatiwangi Majalengka.

Suryana menuturkan, Pohon pisang yang tumbuh di batang pohon dangdeur tersebut, ditemukan pada hari Rabu ( 24/06/2020 ) setelah sebelumnya ia bermimpi menemukan sebuah iteuk ( tongkat ) di batang pohon dangdeur yang tumbuh tinggi di lingkungan makam syech Maulana Abdurahman Akbar. ” awalnya saya bermimpi menemukan sebuah iteuk ( tongkat ) di salah satu batang pohon Randu Alas atau dangdeur, dan ke esokan harinya saya bergegas memeriksa pohon dangdeur tersebut. Setelah dicek ternyata di batang pohon dangdeur itu ditemukan sebatang pohon pisang yang tumbuh subur diatas batangnya,” jelas Suryana.

Masih kata Suryana, pohon Randu Alas yang tumbuh disekitar makam tersebut sudah berusia ratusan tahun dengan ketinggian mencapai 30 meter dengan lingkar badan sangat lebar.

Sementara itu, Iding Jaenudin. S. Pd, salah satu Pamong desa Sukaraja Kulon membenarkan adanya fenomena pohon pisang tumbuh diatas batang pohon dangdeur yang ada didesanya. Ia mengaku, awalnya hanya mengetahui dari media sosial, karena penasaran kemudian ia langsung mengecek ke lokasi tersebut untuk memastikan. Dan ia pun merasa kaget setelah melihat pohon pisang itu. ” Kok bisa sebatang pohon Pisang tumbuh diatas batang pohon randu alas yang kayunya keras,” ucap Iding.

Atas kejadian itu, untuk mengantisipasi membludaknya masyarakat yang ingin melihat fenomena ganjil itu, pemerintah desa Sukaraja Kulon berinisiatif untuk menjaganya. Dan menghimbau kepada para pengunjung supaya tidak merusak lingkungan di sekitar makan di karenakan makam depok adalah makan yang sudah di sahkan sebagai cagar budaya oleh dinas Disbudpora kabupaten Majalengka. ( Dbk )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.