190 Napi di Majalengka Terima Remisi, 5 Orang Langsung Hirup Udara Bebas di HUT ke-76 RI

oleh -13 views

Majalengka, korandesa.id Sebanyak 190 narapidana kelas II B di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat mendapat remisi umum (RU) pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia.

Kepala Lapas Kelas II B, Suparman, mengatakan, dari 190 narapidana itu, 5 orang mendapatkan remisi langsung bebas, sedangkan 185 orang menerima pengurangan masa hukuman 1 sampai 6 bulan.

Dimana 5 orang yang mendapatkan remisi langsung bebas itu, 3 orang sudah bisa menghirup udara segar, sedangkan 2 orang masih menjalani subsider.

“Kita sudah melaksanakan kegiatan pemberian remisi secara serentak di masa pandemi ini. Dan kegiatan juga dilaksanakan secara virtual yang dimana kegiatan ini dipusatkan di Jakarta, langsung di pimpin oleh Menkum HAM,” ujar Suparman kepada wartawan, Selasa (17/8/2021).

Suparman menjelaskan, Remisi tersebut diberikan kepada seluruh narapidana yang telah memenuhi persyaratan administratif, yaitu, sudah menjalankan masa hukuman paling sedikit 6 bulan.

“Penilaiannya telah menjalani dari masa penahanan itu paling sedikit 6 bulan sampai dengan 12 bulan dan berkelakuan baik,” jelasnya.

Sementara itu, Mumu (29) warga binaan asal Majalengka kota yang mendapat remisi langsung bebas merasa senang setelah dirinya mendekam selama satu tahun tiga bulan karena kasus pencurian.

Mumu mengaku akan memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menjalankan kehidupan yang lebih baik lagi.

“Seneng, bisa kumpul lagi sama keluarga. Setelah dari sini saya akan kerja di bengkel buat cari rezeki yang halal,” katanya.