2302 Mitra BPS Di Majalengka siap Terjun Kelapangan  Guna Pendataan Awal Regsosek 2022

oleh -251 views

KORANDESA.ID, MAJALENGKA.- Sebanyak kurang lebih 2000 pemuda di Kabupaten Majalengka tengah disipakan untuk menjadi petugas lapangan  dalam pendataan awal registrasi sosial ekonomi 2022. Hal ini ditandai dengan adanya pelatihan calon petugas lapangan yang berlangsung dari tanggal 27 september sampai 12 oktober 2022 di ballroom hotel Horison ultima Kertajati dan hotel luxyon Cirebon yang terbagi dalam 8 gelombang.

Kepala BPS Majalengka Drs. Jerison Samuel. M.M, melalui Kordinator Fungsi Statistik Sosial Rahimin Encu Winarti mengatakan, pendataan awal registrasi sosial ekonomi 2022 merupakan integrasi program pendataan. “Dimana seperti yang kita ketahui masih terbatasnya data sosial ekonomi yang ada sekarang, kita lihat masih terbatas di steakholder masing masing, maka dengan terbatasnya data ini sangat perlu adanya pendataan awal registrasi sosial ekonomi agar bisa terintegrasi dalam satu basis data dari seluruh penduduk”, kata Rahimin Encu Winarti dalam sambutannya saat pembukaan pelatihan calon Petugas Lapangan Pendataan awal registrasi sosial ekonomi 2022 Gelombang IV di Hotel Horison Ultima Kertajati Kabupaten Majalengka, Pada Senin (04/10/2022).

Menurut Rahimin Encu, diadakannya Pelatihan calon petugas lapangan ini adalah untuk memberikan pembekalan kepada para calon petugas yang akan terjun ke lapangan untuk peendataan awal registrasi sosial ekonomi (Regsosek) 2022. Menurutnya, dari pelatihan calon petugas tersebut ada 3 hal yang harus dicapai, duantaranya peserta wajib membaca dan memahami isi kuisioner yang akan digunakan, peserta pelatihan harus memahami konsep definisi yang ada dalam buku pedoman, serta peserta juga harus memahami bagaimana cara wawancara dan pengisian hasil wawancara kedalam kuisioner. ” Para petugas ini merupakan tulang punggung yang akan bersinggungan langsung dengan masyarakat, maka perlu dipahami apa urgensi program regsosek ini”, ujarnya.

Encu menambahkan, pelatihan sendiri sudah dimulai sejak tabggal 27 September 2022 dan akan berakhir pada 12 Oktober 2022 yang terbagi dalam 8 gelombang. “Hasil dari pendataan ini nantinya akan terintegrasi dengan Adminduk serta basis data lainnya”, katanya pula.

“Pendataan regsosek 2022 ini bukan murni kegiatan BPS tapi merupakan kolaborasi dari berbagai kementrian dan lembaga. Ada Bappenas sebagai perencananya, ada Kementrian Keuangan, kemudian BPS sebagai penatanya, Kementrian Dalam Negeri, Kemendes, Kementrian Kominfo, Kementrian Kordinator PMK, Kementrian Kordinator Perekonomian dan TMP2K, kolaborasi ini diamanahkan ke BPS untuk melakukan pendataan dan hasilnya akan dibagi pakaikan oleh seluruh kementrian dan lembaga yang ada”, jelas Rahimin Encu.

Rahimin Encu Winarti Berharap dengan diterjunkannya 2302 mitra BPS ke lapangan bisa bekerja secara maksimal dan tepat waktu. “karena tahapan pendataan awal regsosek ini akan berlanjut di 2023 dengan pengolahan data, kemudian forum konsultasi publik dan disiminasi serta pemeliharaan datanya akan dilakukan oleh Bappenas. Oleh karena itu kami minta awali tugas ini dengan rasa tanggung jawab karena hasil dari pendataan ini selanjutnya akan menjawab seluruh kebutuhan data terkait perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat”, pungkas Rahimin.

Sementara itu, hal serupa juga disampaikan panitia pelaksana pelatihan Regsosek 2022 Fenty Jimika, menurutnya, pelatihan calon petugas pendataan awal regsosek 2022 ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang cakupan, metodelogi,maupun konsep dan definisi operasional dari variabel variabel regsosek 2022, serta memberikan pemahan tentang pengisian kuisioner regrosek 2022 dan pemahaman yang seragam dalam tatakelola regsosek 2022.

Menurutnya, Pelatihan calon perugas pendataan awal regsosek 2022 yang dilaksanakan oleh BPS Kabupaten Majalengka diselenggarakan di dua lokasi pusat pelatihan yaitu TC hotel Luxton Cirebon dan TC hotel Horison Kertajati dengan peserta sebanyak 2302. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.