Akibat Hujan Deras Jembatan Cikoronjo Amblas, Warga Khawatir Akses Jalan Terputus

oleh -33 views

Majalengka, korandesa.id – Derasnya aliran sungai disaat musim penghujan bisa berakibat buruk terhadap bangunan yang rentan tergerus air. Jembatan Cikoronjo yang terletak didesa Batu jaya Kecamatan Cigasong Kabupaten Majalengka adalah salah satu bangunan infrastruktur yang amblas dimasa musim penghujan tiba.

Jembatan Cikoronjo merupakan satu satunnya jembatan menuju desa Jatimulya kecamatan Kasokandel dan juga menjadi penghubung ke arah desa Ranji Wetan, sehingga jembatan ini sangat bayak dilalui kendaraan roda dua dan empat sehingga bisa dikategorikan mobilisasinya tinggi.

Ambruknya jembatan tersebut menurut Kepala Desa Batujaya Sanusi, diketahui pada hari jumat, 19 November 2021 berdasarkan laporan dari warga.

Menurut Uci sapaan akrab Sanusi, amblasnya jembatan tersebut diperkirakan akibat tekanan air sungai cikoronco yang sangat deras sehingga menghantam dinding tembok jembatan serta menggerus dasar sungai akibatnya dinding sayap jembatan tergerus parah.

Demikian halnya menurut Tio salah satu pamong desa di Jati mulya membenarkan kejadian amblasnya jembatan cikoronjo tersebut, Tio menyebut, saat mendengar hal itu terjadi, dia langsung terjun ke lokasi memastikan jembatan tersebut masih layak dilalui atau tidak, “sebagai aparat desa saya harus terjun langsung meninjau lokasi karena warga kami juga sangat membutuhkannya, apalagi jembatan tersebut dekat dengan rumah saya”, ujar Tio.

Lebih jauh Tio mengatakan, sekalipun jembatan tersebut masih bisa dilalui kendaraan bermotor satu arah namun sangat mengkwatirkan jika dibiarkan terlalu lama, ” untuk itu, dibutuhkan tindakan cepat sebagai bagian bencana alam untuk menghindari kemungkinan hal negatif”, jelasnya.

Sejak diketahuinya kejadian amblasnya jembatan cikoronjo pihak desa Batujaya langsung melaporkan hal tersebut ke Dinas PUTR Majalengka agar segera ditindak lanjuti. “Namun hingga kini belum ada respon dari dinas terkait tentang laporan kami tersebut”, kata Uci.

Harapan masyarakat agar jembatan tersebut segera ada tindakan dari pemerintah untuk memperbaikinya. Karena warga sangat was was jika suatu saat nanti tidak bisa dilalui lagi oleh kendaraan sehingga berpengaruh tehadap perekonomian warga.

Saat berita ini di terbitkan media korandesa.id belum berhasil menghubungi intansi terkait dalam merespon laporan masyarakat desa Batujaya. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.