Aneh !! Jembatan Cigereweng Rubah Nama Tanpa Setahu Warga

oleh -389 views

Majalengka, korandesa.id –
Jembatan Cigereweng muara jambe yang berada di Desa Pasir Kecamatan Palasah sudah ada dari sejak dulu, namun aneh nama jembatan tersebut berubah nama menjadi Jembatan Ijem setelah adanya proyek perbaikan sekitar Desember 2019 lalu. Hingga hal itu, menjadi pertanyaan warga setempat, karena selama ini masyarakat desa Pasir tidak merasa merubah nama jembatan tersebut.

Didi (33) salah satu warga desa Pasir menuturkan, bahwa jembatan yang ada didesanya, tepatnya di saluran Cigereweng muara jambe bernama jembatan Cigereweng bukan Ijem .” Aneh ko sekarang jadi jembatan Ijem, padahal setahu kami selama ini jembatan tersebut belum pernah diganti nama. Tapi kenapa di batu prasastinya tertulis nama jembatan ijem”, kata dia penuh tanya.

Menurut kabar, lanjut Didi, jembatan ijem itu ada di desa Palasah Kecamatan Palasah, bukan di desa Pasir. ” saya mendapat kabar harusnya jembatan ijem yang ada di palasah yang diperbaiki, cuman gak tahu ada apa, akhirnya proyek perbaikan jembatan itu dipindah ke Cigereweng oleh pemborong dari CV. Samudra Berkah Abadi”, jelasnya.

Hal senada juga dikatakan salah satu tokoh masyarakat desa Pasir yang tidak mau disebut namaya, ia mempertanyakan kenapa nama jembatan Cigereweng yang sudah melekat di ingatan warga berubah nama jadi jembatan ijem yang memang asing ditelinga warga. ” Kapan nama itu digantinya, tiba tiba saja kok bisa di batu prasasti tertulis nama jembatan Ijem. Padahal sepengetahuan kami belum pernah diganti nama”, katanya.

Menurutnya, jembatan tersebut selesai dikerjakan sekitar bulan desember 2019 lalu, dengan biaya dari APBD II dan dikerjakan oleh pihak ke III ( rekanan ) dari cv. Samudra Berkah Abadi.

Sementara itu, Kasie Jembatan Dinas PUTR Kabupaten Majalengka Isa Hamdan Hidayat saat di konfirmasi korandesa.id, membenarkan adanya jembatan yang dikerjakan oleh salah satu rekanan jasa konstruksi tidak sesuai dengan nama lokasi. Menurutnya, hal itu terjadi karena adanya pekerjaan perbaikin jembatan yang harusnya dilokasi jembatan ijem desa palasah, namun karena tidak sesuai dengan anggaran dan akhirnya dipindah ke salah satu jembatan di desa Pasir yang perlu diperbaiki. ” ya benar, ada salah satu paket pekerjaan jembatan di Palasah yang dipindahkan lokasinya. Karena lokasi semula yaitu jembatan Ijem yang ada di desa palasah tdak sesuai anggaran, ukuranya kecil dan masih bagus, sementara anggarannya besar, akhirnya untuk menyelamatkan anggaran, kami dari dinas PUTR memindahkan lokasi pekerjaan tersebut ke lokasi lain yang ada di perbatasan antara desa Palasah dan desa Pasir. Kalaupun masyarakat desa Pasir tidak berkenan dengan nama jembat Ijem tersebut, prasasti itu bisa dibongkar dan diganti dengan nama jembatan yang lama. Kami sudah menyiapkan batu prasastinya”, pungkas Isa.
( KD – 01 / KD -02 )