Anggota DPR RI, Rieke Diah Pitaloka Dukung Pembatalan Kenaikan BBM

oleh -3 views
Rieke Diah Pitaloka

Soroti Data Penerima Subsidi Energi BBM, Rieke: Tidak Aktual

Jakarta Korandesa.id. Rieke Diah Pitaloka yang akrab disapa Oneng ini sangat sering mengkritisi kebijakan yang tidak pro rakyat, kwalitasnya tidak diragukan sebagai wakil rakyat dikarenakan dirinnya sangat dekat dengan masyarakat dan juga para pekerja atau buruh saat menampung aspirasi.

Anggota Komisi VI DPR RI Rieke Diah Pitaloka mendukung Presiden Joko Widodo atau Jokowi membongkar dugaan tidak transparannya Biaya Pokok Produksi (BPP) Bahan Bakar Minyak (BBM) dan alokasi APBN untuk subsidi energi. Politikus PDI Perjuangan (PDIP) itu juga menyinggung subsidi perlindungan sosial dan energi bagi keluarga tidak mampu.

“Saya mendukung Presiden Jokowi bongkar indikasi kuat tidak transparannya BPP BBM dan alokasi APBN untuk subsidi energi, serta untuk subsidi perlindungan sosial dan energi bagi keluarga tidak mampu,” kata Rieke dalam rapat kerja atau raker di Komisi VI DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin, 5 September 2022.

Dia menjelaskan, Komisi VI DPR dalam raker tersebut sudah minta ke Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) agar menyampaikan secara tertulis menyangkut lima hal. Pertama, BPP crude oil dari Indonesia; kedua menyangkut rincian BPP crude oil impor; ketiga, rincian impor crude oil, LPG dan LNG dari tahun 2011-2022 .

Pun, keempat, rincian dan dari mana sumber data penerima subsidi energi BBM, LPG dan Listrik termasuk prosedur dan mekanisme. Kemudian, indikator dan variabel pendataan yang dipakai sebagai rujukan penerima subsidi energi. Dan, yang kelima yaitu tunggakan utang subsidi Pemerintah ke Pertamina dan PLN.

“Namun, hingga hari ini data-data yang diminta belum disampaikan Kementerian BUMN. Karena itu, tidak ada data yang akurat dan aktual tentang BPP crude oil dari Indonesia dan impor,” jelas Rieke dalam pemaparannya menanggapi kenaikan BBM diparlemen. Berita ini juga dibagikan keberbagai media sosial. Red