Anggota Komisi VIII DPR RI Jefry Romdonny : Batalnya Pemberangkatan Haji 2021 Karena Ganasnya Pandemi

oleh -8 views

Majalengka, korandesa.id – “Batalnya pemberangkatan ibadah haji di tahun 2021 ini diakibatkan karena ganasnya wabah Covid 19 yang masih menjadi pandemi di negara kita, jadi bukan karena isue isue lain seperti yang beredar dimasyarakat”, demikian dikatakan anggota DPR RI dari Komisi VIII Dr. H. Jefry Romdonny, S.E., S.Sos., M.Si., saat menjadi narasumber utama dalam Diseminasi Pembatalan Pemberangkatan Haji Provinsi Jawa Barat tahun 2021 di Hotel Garden Majalengka, pada Senin (25/10/2021) kemarin.

Menurut H. Jefry, Covid 19 sangat berdampak pada berbagai sektor kehidupan, tak terkecuali dalam hal beribadah. Akibat Covid 19, pada 4 Oktober 2021 Saudi Arabia 66% sudah divaksin lengkap, sedang di Indonesia 34% belum divaksin lengkap. Semua itu melahirkan beberapa kebijakan, karena Arab Saudi juga memikirkan sisi aspek keselamatan, termasuk tidak dibukanya pintu bagi jamaah haji Indonesia selama Pandemi” ungkap Jefry Romdonny.

“Atas kebijakan pemerintah arab saudi tersebut dan demi menjaga keselamatan jiwa semua jemaah akhirnya pemerintah memutuskan pembatalan pemberangkatan haji tahun 2021 ini”, jelasnya pula.

Disinggung terkait ongkos naik haji (ONH) yang dikabarkan tahun ini akan naik, Jefry mengatakan bahwa ONH tahun ini dipastikan tidak ada kenaikan, “Pada saat itu kami (komisi VIII) meminta agar biaya naik haji sama dengan tahun sebelumnya. Jadi memang sempat ada pembahasan soal kenaikan (biaya haji) tapi akhirnya tetap sama, tidak jadi,” kata Jefry.

Menurutnya, ongkos tambahan yang rencananya akan difokuskan untuk biaya protokol kesehatan (Prokes) seperti tes PCR dan karantina, bakal ditanggung penuh oleh pemerintah pusat.

Acara diseminasi pembatalan pemberangkatan haji 2021 yang digelar Kementrian Agama ini, selain di hadir Anggota DPR RI Komisi VIII, Dr. Jefry Romdonny yang di daulat sebagai Narasumber utama, hadir juga secara virtual Narasumber lainnya dari Kasubdit Perizinan, Akreditasi dan Bina PPIU, Rudy Nuruddin Ambary, MA.

Senada dengan Jefry, Kasubdit Perizinan, Akreditasi dan Bina PPIU, Rudy Nuruddin Ambary, MA. Dalam paparannya secara virtual menjelaskan bahwa batalnya Pemberangkatan Haji Tahun 2021 diakibatkan wabah Covid-19 yang melanda seluruh dunia.

“Banyak beredar informasi hoax di masyarakat batalnya Pemberangkatan Haji Tahun 2021 diakibatkan Indonesia punya utang pad Arab Saudi, atau dana haji habis dipakai pembangunan infrastruktur,  yang semuanya tidak benar. Karena dalam 2 tahun ini Indonesia tidak memberangkatkan calon jemaah haji karena Covid 19,” kata Rudy dalam paparannya.(***)

Laporan : Asep Trisno

No More Posts Available.

No more pages to load.