Antisipasi Ancaman Gelombang Tiga Covid 19, Polisi Pantau Penerapan Prokes di Objek Wisata Rajagaluh

oleh -3 views

Majalengka, korandesa.id – Dalam rangka mengantisipasi terjadinya gelombang ke Covid 19, Jajaran Polres Majalengka terus melakukan pemantauan penerapan protokol kesehatan (prokes) ketat di sejumlah tempat umum yang banyak dikunjungi masyarakat. Seperti halnya yang dilakukan Polsek Rajagaluh pada Minggu Pagi (05/12/2021) di  di sejumlah kawasan objek wisata Kecamatan Rajagaluh Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Polisi dari Jajaran Polsek Rajagaluh ini mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada di wilayah kecamatan Rajagaluh sambil melaksanakan patroli dialogis. Ada dua lokasi wisata yang dikunjungi mereka hari ini diantaranya 0byek Wisata Aryakibansland dan Cikadondong River Tubing. Di lokasi tersebut polisi memantau secara langsung penerapan protokol kesehatan yang dilakukan pengelola wisata dan para pengunjung.

Terlihat, beberapa anggota mengingatkan pengunjung yang kedapatan tidak memakai masker saat datang ke kawasan wisata tersebut. Mereka ( pengunjung yang tidak pakai masker ) langsung diingatkan dan di himbau untuk pakai masker, bilamana diketahui tidak pengunjung tersebut tidak membawa masker, maka petugas dari Polsek Rajagaluh ini langsung membagikannya masker untuk digunakan.

Kepada wartawan, Kapolsek Rajagaluh AKP Sarjio membenarkan bahwa hari ini anggotanya tengah melakukan patroli di dua objek wisata yang ada di Kecamatan Rajagaluh dengan tujuannya memantau penerapan prokes dalam upaya antisipasi mencegah penyebaran Covid-19 gelombang ke tiga menjelang Natal dan Tahun Baru ( Nataru ).

Menurut Sarjio, hasil pemantauan di dua lokasi objek wisata tersebut,  protokol kesehatan sudah diterapkan dengan ketat oleh pengelola kawasan wisata. Mulai dari lokasi cuci tangan, pengukuran suhu dan pembatasan jumlah pengunjung objek wisata sudah dilaksanakan.

“Selain itu, di masing-masing objek wisata sudah dibetuk juga Satgas Covid-19 Mandiri. Tugasnya memantau secara langsung penerapan prokes di objek wisata,” jelasnya.

Kapolsek berharap dengan sudah adanya Satgas Covid-19 Mandiri di objek wisata pemantauan dan penerapan prokes di objek wisata bisa maksimal dilaksanakan. Termasuk pembatasan jumlah pengunjung sesuai dengan aturan.

“Saya berharap tidak ada klaster penyebaran Covid-19 dari objek wisata yang sudah mulai dibuka untuk masyarakat, oleh karena itu kami minta kepada masyarakat untuk tetap patuhi protokol kesehatan minimalnya selalu pakai masker dan menjaga jarak serta tidak berkerumun di tempat tempat umum” pungkas AKP Sarjio

Terpantau memasuki hari libur seperti hari minggu ini, sejumlah obyek wisata yang ada di Kabupaten Majalengka diserbu para pengunjung dari luar kota seperti Cirebon, Indramayu, Sumedang bahkan Jakarta. Hal ini membuat riskan terjadinya penularan Covid 19. Oleh karena itu perlu adanya pemantauan prokes yang ketat dari petugas, agar pengunjung bisi disiplin dalm penerapan protokol kesehatan, sehingga kita tidak khaqatir terjadinya penularan wabah Covid 10 dari Kluster wisata. (***)

Laporan : Asep Trisno

No More Posts Available.

No more pages to load.