Antisipasi Banjir, BPBD Aceh Barat Normalisasi Sungai Krung Matee

oleh -52 views

Aceh Barat, korandesa.id – Guna memperlancar Daerah Aliran Sungai ( DAS ) Bubon, Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Kabupaten Aceh Barat kini sedang normalisasi aliran sungai Krung matee sepanjang 3 km, mulai dari Gampong Mesjid baro sampai ke Gampong Rangkileh Kecamatan Sama Tiga Kabupaten Aceh Barat, pada jumat pagi (12/06/2020)

Keuchik PJS Gampong Cot Amun Zakarya pada Awak media koran desa.id mengatakan dengan dilakukannya pembersihan sungai krung matee ini akan dapat menampung semua daerah aliran sungai (DAS) Bubon, hingga kedepan sungai Bubon yang bermuara di Kekuala Bubon Kecamatan Sama Tiga Kabupaten Aceh Barat, bersih dari semua tanaman eceng gondok yang banyak banyak tumbuh di aliran sungai, dan DAS Bubon bebas dari ancaman banjir. “harapan kami, normalisasi sungai dengan membersihkannya dari tanaman eceng gondok ini dapat diselesaikan dalam waktu relatif singkat:, kata cok Amun penuh harap.

Sementara itu, menurut Keuchik Gampong Rangkileh Umardani, S.P. pembersihan enceng gondok disepanjang sungai kawasan Rangkileh sebetulnya telah dilaksanakan secara gotong royong yang melibatkan kelompok masyarakat Rangkileh, namun karena terlalu banyaknya eceng gondok yang menghalangi aliran sungai sehingga air susah surut dan dikhawatirkan terjadi bencana banjir akhirnya pemerintah melalui Badan penanggulangan bencana Daerah Kabupaten Aceh Barat. “Mudah mudah mudahan pembersihan sungai krung matee yang dilakukan oleh pihak BPBD akan cepat sampai kewakasan Rangkileh hingga Enceng gondok yang berkembang disungai tersebut bisa diangkat tuntas”, pungkasnya.
(Muhibbul jamil).