Antisipasi Gelombang ke Tiga Covid 19, Sejumlah Anggota Polres Majalengka Gencar Lakukan Operasi Yustisi Dan Patroli Penegakan Disiplin Prokes

oleh -10 views

Majalengka, korandesa.id – Meski pandemi COVID-19 telah melandai, pemerintah terus mengingatkan masyarakat untuk tidak abai, karena wabah ini belum betul-betul usai. Bahkan jajaran Kepolisian dari Polres Majalengka secara kontinue di masing masing Polsek wilayah hukum Polres Majalengka hampir tiap hari menggelar Operasi yustisi penegakan disiplin Protokol Kesehatan. Selain itu, para anggota Polisi ini juga tak kenal lelah mengkampanyekan pentingnya Vaksinasi bagi masyarakat, bahkan mereka sampai jemput bola ke rumah ruamh hanya sekedar untuk mengingatkan masyarakat untuk segera di vaksin.

Terpantau pada hari ini, Senin (08/11/2021), sejumlah anggota polsek wilayah hukum Polres Majalengka menggelar operasi yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan kepada masyarakat, seperti yang dilakukan jajaran Polsek Kertajati dan Polsek Cingambul. Siang tadi mereka menggelar operasi yustisi tersebut di sejumlah titik jalan wilayah hukum polsek masing masing.

Sementara beberapa polsek lainya seperti polsek Kota, polsek Kasokandel, Polsek Rajagaluh, Polsek Banjaran dan Polsek Palasah terpantau juga melakukan patroli dialogis rutin, sambangi warga untuk mensosialisasikan pentingnya vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan 5M (Memakai masker, Menjaga Jarak, Mencuci tangan, Menjauhi Kerumunan dan Membatasi Mobilitas) dalam kehidupan baru masyarakat.

Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi mengatakan, Guna mengantisipasi ancaman gelombang ketiga serta naiknya kembali paparan Covid 19 di Kabupaten Majalengka, pihaknya akan terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan, baik melalui operasi yustisi maupun patroli dialogis dengan menyambangi rumah rumah warga yang ada di wilayah hukum Polres Majalengka. ” Saya intruksikan anggota, baik yang ada di Mako Polres maupun di wilayah Polsek untuk terus mensosialisasikan penerapan disiplin Protokol kesehatan kepada masyarakat sampai wabah ini berakhir. Selain terus meningkatkan protokol kesehatan, kita juga mengawal percepatan vaksinasi di masyarakat agar segera tercapainya target capaian vaksinasi di Kabupaten Majalengka khususnya, sehingga segera terbentuk kekebalan kolektif di masyarakat”, jelas Kapolres AKBP Edwin.

Menurut Edwin, pada masa jeda seperti saat ini, selain terus meningkatkan protokol kesehatan dan percepatan vaksinasi perlu juga mengasah kesadaran dan kemampuan deteksi diri sebagai salah satu perilaku adaptasi kebiasaan baru.

Menurutnya, agar tidak terjadi lagi lonjakan kasus, ada beberapa hal yang dapat dilakukan. Yakni prokes 3M yang ditingkatkan jadi 5M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan, Menjauhi kerumunan, Membatasi mobilitas), memperhatikan ventilasi-durasi-jarak saat beraktivitas untuk mengurangi risiko terpapar, 3T (tracing, testing, treatment), serta vaksinasi.

Ia menyatakan bahwa kunci penanganan pandemi ada di tangan rakyat. Seluruh upaya pengendalian pandemi tidak akan berhasil tanpa partisipasi masyarakat. Masyarakat, menurutnya, harus menjadi garda terdepan, dapat menjalankan fungsi skrining komunitas dan triase komunitas. “Masyarakat jangan lengah, tetap jaga protokol kesehatan. Jaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Sampaikan ke semua pihak, pandemi belum selesai. Bila ada gejala COVID-19, segera lapor,” ujarnya.

Sementara itu, hal senada juga disampaikan Kapolsek Kertajati AKP Erik Riskandar. Menurutnya Operasi yustisi penegakan disiplin prokes yang dilaksanakan oleh anggotanya merupakan instruksi pimpinan yang harus dijalankan guna mendisiplinkan warga dalam penerapan protokol kesehatan.

“Operasi yustisi ini akan terus dilakukan demi meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan untuk menekan penyebaran Covid-19”, kata AKP Erik

Menurut Erik, masyarakat harus terus diingatkan karena penyebaran virus corona ini belum habis dan perlu antisipasi untuk pencegahannya. “Jadi masyarakat harus terus diajak untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan terutama penggunaan masker saat melakukan aktivitas di luar rumah juga termasuk rajin cuci tangan, jaga jarak, hindari kerumunan serta kurangi mobilitas bila tidak begigu penting”, pungkas Kapolsek Kertajati AKP Erik Riskandar. (***)

Laporan : Asep Trisno

No More Posts Available.

No more pages to load.