Bupati Sutrisno Minta Kaulinan Urang Lembur Terus Dilestarikan Dengan Inovasi Kreatifitas Baru

oleh -44 views

Majalengka, KD
Pemerintah daerah Kabupaten Majalengka melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Majalengka menggelar festival kaulinan urang lembur yang dihadiri dan dibuka secara langsung oleh Bupati Majalengka DR H. Sutrisno SE MSi di area pujasera Majalengka, Sabtu (12/5).
Bupati Majalengka DR H Sutrisno SE MSi membuka kegiatan kaulinan urang lembur dengan memukul gong yang disaksikan oleh peserta dari 26 UPTD Pendidikan se Kabupaten Majalengka.
Dikatakan Bupati Sutrisno bahwa kegiatan kaulinan urang lembur ini sangat baik untuk dilaksanakan setiap tahunnya fengan kreasinnya yang tidak monoton sebagai bentuk kebudayaan kita agar tetap terpelihara yang merupakan warisan bagi generasi muda.
“Yang saya tahu, sumber seni budaya itu asalnya dari Majalengka, mari kita angkat ke permukaan, mari kita angkat ke publik agar membuming secara nasional, ” katanya.
Saat ini pariwisata Majalengka sudah nampak terbangun sama halnya dengan yang ada di Bali. Kabupaten Majalengka mempunyai bukit sawiyah serta panyaweuyan yang terus menerus kita ekplore lewat media sosial sehingga banyak orang datang ke Majalengka. Nah kaulinan urang lembur ini merupakan salah satu magnet untuk mendatangkan orang ke Majalengka melihat panorama alam yang menakjubkan. Bidang pariwisata ini akan menjadikan ekonomi tumbuh di masyarakat, mari kita dorong kearifan lokal seperti kaulinan urang lembur ini untuk terus di ekplore dengan inovasi dan kreatif agar menjadi magnet para wisatawan, ” terangnya. Sementara itu Kepala Disparbud Kabupaten Majalengka H. Gatot Sulaeman kegiatan kaulinan urang lembur merupakan salah satu program pemerintah Kabupaten Majalengka dalam rangka membina, melestarikan nilai nilai tradisional, pengembangan aset budaya daerah, serta memuliakan nilai nilai kearifan lokal yang masih hidup dan berkembang di masyarakat.
Lanjut Gatot, kegiatan festival kaulinan urang lembur termasuk kepada poin seni dan permainan rakyat, yang perlu dikembangkan dan diperkenalkan kepada generasi muda sebagai pewaris budaya, dan manfaat permainan rakyat untuk diaplikasikan terhadap kehidupan sehari hari demi membangun karakter bangsa dengan manfaatnya sebagai sarana apresiasi masyarakat terhadap budaya daerah serta sebagai hiburan edukatif, ” tuturnya. (Eka)

No More Posts Available.

No more pages to load.