Dalam Sepekan, BIJB Telah Merbangkan Ratusan Jemaah Umroh Asal Jawa Barat

oleh -19 views
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat melepas Jemaah Umroh yang terbang dari Bandara Internasional Kertajati

KORANDESA.ID, MAJALENGKA.- Dalam kurun waktu satu pekan ini, Bandara Internasinal Jawa Barat ( BIJB ) secara berkesinambungan telah menerbangkan ratusan jamaah umroh dari Kertajati langsung menuju Arab Saudi. Bahkan siang tadi, Sabtu (26/11) bandara Kertajati kembali menerbangkan 377 jamaah umroh asal Jawa Barat, setelah sebelumnya sukses terbangankan 225  jama’ah umroh pada hari Minggu lalu.

PT. Bandar udara Internasional Jawa Barat (Perseroda) (PT BIJB) selaku pemilik Bandara Kertajati, memastikan seluruh fasilitas yang ada di Bandara Kertajati siap untuk penerbangan internasional.

“Kami selalu berkoordinasi dengan PT Angkasa Pura II selaku operator bandara, Kementerian Perhubungan, Kementerian Agama termasuk dengan Bea Cukai, Imigrasi, Karantina, Pertamina, tenant, operator multimoda dan seluruh stakeholder pendukung pelaksanaan penerbangan umrah di Bandara Kertajati, agar penerbangan umroh berjalan dengan lancar.” ujar Dian Nurrahman, Vice President of Corporate Secretary & General Administration PT BIJB.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat melepas Jemaah Umroh yang terbang dari Bandara Internasional Kertajati

Hal senada juga dikatakan direktur PT BIJB, menurutnya  bahwa penerbangan dari Bandara Kertajati ini akan memudahkan seluruh Jemaah asal Jawa Barat untuk berangkat ke Tanah Suci,

“Ini menjadi penerbangan yang kedua kalinya dalam satu minggu ini, dan sekaligus menjadi penanda bahwa Bandara Internasional Kertajati kembali menggeliat, dan siap menjadi magnet ekonomi daerah. Penerbangan umroh sebelumnya telah difasilitasi oleh Garuda Indonesia menggunakan pesawat Airbus A330 dengan nomor penerbangan GA 902 pada hari Minggu (20/11) lalu, dan untuk penerbangan kali ini kami telah melakukan kerja sama dengan Lion Air dan sangat siap dengan beragam fasilitasnya untuk memberangkatkan Jemaah umroh Jawa Barat hingga bisa terbang dari Bandara Kertajati langsung menuju Arab Saudi”, ujar Direktur PT BIJB, Muhamad Singgih.

Sementara itu ditempat yang sama, Corporate Communication Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, bahwa Lion air siap menerbangkan seluruh jemaah umroh dari bandara Kertajati. Menurutnya penerbangan Umrah dari Kertajati Lion Air memperkenalkan layanannya berupa penerbangan non-stop (tanpa transit) dari Bandar Udara Internasional Kertajati.

“Rute perdana dari Kertajati – Madinah menggunakan layanan “Premium Service – Umrah”, dengan menggunakan pesawat Airbus 330-300CEO, jenis pesawat tersebut mampu melayani non-stop yang membutuhkan waktu tempuh hingga lebih dari 12 jam, oleh karenanya sangat tepat untuk mendukung penerbangan ibadah umrah dari Bandara Internasional Kertajati”, jelas Danang Mandala.

Menurut Danang, saat ini baru 2 slot perminggu untuk penerbangan jemaah umroh di Bandara Kertajati dan kedepan Lion Air akan mencoba membangun konectifity untuk penerbangan komersil di bandara Kertajati.

Dilain pihak, salah satu jamaah umroh dari PT. Samira Karina Adinda asal kota Cirebon mengungkapkan, dirinya sangat senang bisa terbang dari Bandara kertajati karena bisa menghemat waktu. “Saya sangat senang, sangat bangga bisa terbang dari Bandara Kertajati, karena bandara ini bersahabat dengan para jamaah, suasananya sangat luar biasa. Ketika akan masuk ke bandara saja ada slide vidiotron dengan tulisan selamat datang para tamu Allah”, ucap Karina.

Disaat yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, dengan  dibuka kembalinya penerbangan Internasional umroh dan haji pasca pandemi, menandakan bahwa bandara kertajati sudah siap melayani penerbangan Nasional maupun Internasional. “Dengan dimulainya penerbangan internasional dari Kertajati, otomatis dari kota kota seluruh Indonesia akan datang ke Kertajati. Semoga yang tadinya menjadi masalah akan menjadi kekuatan bagi bandara kertajati”, kata Budi Karya.

Budi Karya berharap, masyarakat jawa barat bagian timur dan jawa tengah bagian barat melakukan penerbangan umroh dari Bandara Kertajati. Ia beralasan, selain dekat juga relatif tidak padat. “Saya minta kepada masyarakat jawa barat bagian timur dan jawa tengah bagian barat untuk melakukan umroh dari bandara kertajati, selain dekat bandara ini juga tidak terlalu padat sehingga nyaman untuk para jamaah umroh yang akan melakukan penerbangan”, pungkas Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai melepas para jamaah umroh yang akan menuju Madinah Arab Saudi. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.