Dibawah Kepemimpinan H.Toto Warsito, SMAN 1 Bantarujeg Terus Bersolek

oleh -102 views

KORANDESA.ID, MAJALENGKA. – Walaupun keberadaannya nun jauh di pelosok pedesaan, namun SMAN 1 Bantarujeg patut diperhitungkan. Seolah tak ingin kalah dengan sekolah sekolah menengah atas yang ada diperkotaan, kini SMAN 1 Bantarujeg dibawah kepemimpinan H. Toto Warsito. S.Ag., M.Ag., terus berbenah dan bersolek.

Gerbang SMAN 1 Bantarujeg

Berbagai fasilitas pendidikan seperti Penataan taman, pembangunan Studio mini, pengadaan kantin terpadu serta penataan ruang guru dan kelas terus mereka bangun dan dibenahi. Hal itu tiada lain agar para siswa yang menuntut ilmu di sekolah tersebut merasa nyaman saat belajar dan berada dilingkungan sekolah.

Foto : H. Toto Warsito. S.Ag., M.Ag., saat menerima penghargaan sebagai Kepala SMA Terbaik tingkat nasional

Dalam hal membangun infrastruktur sekolah SMAN 1 Bantarujeg H. Toto Warsito, tidak hanya bekerja sendiri dan semau gue. Ia selalu melibatkan seluruh komponen yang ada dilingkungan sekolah, baik unsur guru, komite ataupun orang tua siswa dan lainnya. Karena menurut dia, Keberhasilan dalam membangun pendidikan diperlukan kolaborasi dan kerjasama yang baik antar komponen yang ada. “Kunci keberhasilan dalam mengelola pendidikan khususnya dilingkungan sekolah adalah kolaborasi. Denga kolaborasi atau kerja sama yang solid akan membuat kekuatan bagi kita. Jadi bukan one man show. Kami disini dalam setiap mengambil keputusan untuk kepentingan pendidikan selalu melibatkan semua komponen, sehingga apa yang dikerjakan membuahkan hasil karena dapat dukungan dari semua pihak”, jelas Toto.

Sebagai Kepala SMA, menurutnya, harus bisa bekerjasama dengan dengan semua komponen yang ada dilingkungan sekolah, karena menurut Toto, ketika seorang kepala sekolah memiliki sebuah ide besar, maka untuk mewujudkannya perlu berkolaborasi dengan tim, ada orang orang hebat disekelilingnya.

“Hebat itu harus digali, semua diajak untuk mengeluarkan kemampuannya, dan sebagai seorang manajerial atau kepala sekolah harus mampu memformulasikan kehebatan siswa, rekan kerja seperti para wakil kepala sekolah, semuanya harus terlibat, Kepala sekolah itu harus selalu melibatkan semua komponen, harus mempunyai kemampuan menejerial yang baik, memotivasi, inovasi dan mengajak kolaborasi,” katanya pula.

“Ide besarnya mungkin dari kepala sekolah, tetapi yang terpening bagaimana kita menjadikan ide besar ini bukan hanya di awang-awang belaka, tetapi harus membumi dan untuk mewujudkannya semua harus terlibat mulai dari peserta didik, komite sekolah, para guru atau unsur lainnya”, pungkas Toto.

Apa yang menjadi dasar pemikirannya telah ia buktikan saat pertama masuk sebagai Kepala SMA 1 Bantarujeg dengan meraih penghargaan sebagai “Kepala Sekolah Hiber”, yakni Hebat, Istimewa dan Berprestasi dari Forum Komunikasi Kepala Sekolah 69 Jawa Barat, bahkan sebelumnya disaat Toto Warsito masih menjabat Kepala SMAN 1 Sindangwangi Majalengka ia juga dinobatkan sebagai Kepala SMA Inspiratif Terbaik Tingkat Nasional dari Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbudristek.(***)

No More Posts Available.

No more pages to load.