Dihadapan ASN Kemensos, Megawati Ajak Agar Pancasila Untuk Selalu di Hati

oleh -48 views
Gambar diambil dari halaman Facebook ‘Megawati Soekarnoputri’ saat di Rengas Dengklok, 06 Juni 2019.

Jakarta, korandesa.id – Ketua Dewan Pengarah Badan Pembibaan Ideologi Pancasila (BPIP), Megawati Soekarnoputri ingatkan setiap Warga Negara Indonesia (WNI), juga para Aparat Sipil Negara (ASN) agar Pancasila selalu ada di dalam hati dan sanubari paling dalam.

Pemaparan tersebut, saat Megawati menjadi pembicara utama dalam kegiatan Internalisasi dan Pembumian Pancasila & Penguatan Wawasan Kebangsaan di Lingkungan Kementerian Sosial yang diselenggarakan di Gedung Konvensi, Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, Senin (9/12/2019)

Saat dihadapan ratusan ASN Kemensos Megawati ingatkan para ASN untuk selalu mencintai Pancasila di dalam hati dan sanubari paling dalam.

“Kalian kalau merasa sebagai Warga Negara Indonesia, maka sebenarnya di hati kalian, di dalam perasaan sanubari yang paling dalam, maka sebenarnya Pancasila itu harus dan selalu ada. Kalau tidak percaya, ya jangan jadi orang Indonesia,” tegas Megawati di hadapan ratusan ASN di lingkungan Kementerian Sosial Ri itu, Seperti yang dikutip oleh wartakota.tribunnews.com 9 Desember 2019.

Megawati juga mempertanyakan jika sampai saat ini ada orang yang berkeinginan mengubah ideologi dan ketatanegaraan Indonesia menjadi sebuah negara Khilafah.

“Coba saja ke Saudi Arabia, Raja Saudi Arabia saja begitu hormat kepada Indonesia karena raja pertamanya pada waktu itu adalah sahabat ayah saya,” kata Megawati.

Megawati juga mengaku sudah membuka diri untuk berdialog dengan siapapun mereka yang memiliki pemahaman ingin mengubah ideologi negara itu.

“Saya sudah membuka diri, nggak usah main di jalanan, merusak yang namanya kepentingan umum dan sebagainya. Datang saja ke DPR, berbicara apa yang kamu maksud dengan konsep khilafah itu. Apa bedanya dengan Pancasila kita yang sudah sangat dihargai, bukan hanya di Indonesia saja, tetapi banyak negara-negara di luar Indonesia mengakui mengapa Indonesia bisa mempunyai sebuah ideologi yang begitu mantap yang sebenarnya menjaga kedamaian dengan penuh kasih sayang toleransi meskipun keberagaman yang begitu besar,” beber Megawati.

Menteri Sosial Juliari P. Batubara mengatakan kegiatan Internalisasi dan Pembumian Pancasila & Penguatan Wawasan Kebangsaan akan digelar minimal sekali setiap tahunnya.

Mensos mengingatkan para ASN sebagai motor penggerak pengorganisasian pemerintahan di negeri ini selain dituntut bisa meningkatkan kualitas juga berkarakter Pancasila.

“Kegiatan hari ini untuk mengingatkan kembali, mengingatkan kembali bahwa ASN di lingkungan Kementerian Sosial adalah ASN yang berkarakter Pancasila. Berkarakter Pancasila itu bukan hanya tidak radikal, tapi kesetiakawanan, perikemanusiaan, peduli sesama, gotong royong, itu semua karakter dari Pancasila,” ujarnya.

(Rick/wartakota.tribunnews.com)