Fakultas Agama Islam UNMA Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru

oleh -85 views

Dalam menentukan pilihan kuliah di perguruan tinggi harus disesuaikan dengan minat dan bakat calon mahasiswa, jangan hanya berdasarkan jumlah banyak peminat dalam salah satu prodi dalam setiap perguruan tinggi. Salah satu kunci  meraih kesuksesan seseorang  dalam meraih cita-citanya adalah dalam memilih perguruan tinggi dan program studi yang tepat sesuai dengan minat dan bakat seseorang serta prospek kerja yang mendukung, sehingga mata kuliah yang diikuti mahasiswa akan diminati dengan baik yang akan memudahkan dalam menggapai prestasi.

Menjadi guru adalah pekerjaan yang sangat mulia terlebih lagi guru harus seorang yang mampu menciptakan seorang calon penerus generasi bangsa yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan akhlakul Karimah  berdasarkan dengan ajaran Islam. Pekerjaan guru saat ini belum bisa digantikan dengan mesin apapun, karena pada zaman era indrustri 4.0 banyaknya pekerjaan-pekerjaan yang lain bisa digantikan dengan mesin dan menghasilkan produksi lebih banyak dengan biaya ringan. “Banyaknya informasi tentang kekurangan guru PAI dan PIAUD saat ini dikarenakan banyaknya yang akan pensiun dan juga dikarenakan dilapangan banyaknya berdiri lembaga pendidikan khususnya yang berbasis Islam baik ditingkat sekolah usia dini, dasar sampai menengah, peluang ini perlu dipersiapkan oleh para calon mahasiswa baru,” Tutur Dr. H. Abu Syhabudin, M.Ag, Selaku Dekan FAI Universitas Majalengka.

Universitas Majalengka adalah satu-satunya  Universitas terbaik kebanggaan masyarakat Majalengka dengan akreditasi Perguruan Tinggi dengan predikat “B” diantaranya ada Fakultas Agama Islam memiliki dua program studi keguruan yaitu Program Studi PAI (Pendidikan Agama Islam) dan program studi  PIAUD (Pendidikan Islam Anak Usia Dini) dan semuanya sudah terakreditas “B”, selain itu dosen yang mengajarnya pun juga berkompeten di bidangnya (bersertifikat Pendidik), perkuliahan berbasis teknologi,  ruangan kelas ber-AC dengan fasilitas lengkap, berpeluang mendapatkan beasiswa pemerintah, Baznas, dan lain-lainnya bagi mahasiswa yang berprestasi juga mahasiswa yang tidak mampu dan biayanya pun murah dan dapat dicicil.

Prospek  lulusan Prodi Pendidikan Agama Islam dapat menjadi guru PAI baik PNS ataupun Swasta pada tingkat SD/MI/, SMP/MTs, SMA/SMK/MA/MAK dan dapat juga melanjutkan pendidikan ke S2 sebagai syarat untuk dapat mengajar di Perguruan Tinggi. Selain itu lulusan PAI juga bisa menjadi praktisi atau peneliti dibidang pendidikan khususnya pendidikan Islam, enterprener muslim,  atau juga bisa bekerja diberbagai instansi sebagai konselor di bidang agama seperti mengisi pengajian di Majelis Ta’lim, penceramah dan lain sebagainya.

Prosepek lulusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini selain bisa mengajar di tingkat pendidikan anak usia dini (TK/TPA/RA) dapat bekerja dan berkarir sebagai praktisi, peneliti dan konsultan  di lembaga pendidikan dan instansi di berbagai instansi pemerintah ataupun swasta, bisa mendirikan lembaga pendidikan anak Usia Dini, bisa menyampaikan materi-materi keagamaan yang berkaitan dengan  Pendidikan Islam Anak Usia Dini serta bisa menjadi asesor bahkan menjadi interprener dibidang Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Prosepek lulusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini berpeluang sebagai:

  1. Penyampai materi-materi keagamaan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
  2. Wirausahawan dalam bidang pendidikan anak usia dini.
  3. Praktisi bidang Pendidikan Islam Anak Usia Dini
  4. Sertifikasi Non-PNS
  5. PNS lintas Kementerian;
  6. Konsultan Pendidikan Islam Anak Usia Dini di lembaga pendidikan dan instansi di berbagai instansi pemerintah ataupun swasta, ;
  7. Mendirikan lembaga PAUD & Kepala Sekolah PAUD;
  8. Peneliti dan Akademisi.
  9. Asesor PAUD
  10. mengajar di tingkat pendidikan anak usia dini (TK/TPA/RA)
  11. interprener dibidang Pendidikan Islam Anak Usia Dini.