Gubernur Aher Tinjau Progres Pembangunan Bandara

oleh -37 views

MAJALENGKA, KD
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan melakukan kunjungan kerja dalam rangka melihat progres perkembangan pembangunan bandara menuju pengoperasian bandara internasional jawa barat pada Mei 2018 di lantai 2 terminal bandara, Senin, (2/4)
Pada kesempatan ini hadir Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Bupati Majalengka yang diwakili Asda 1 Aeron Randi, Camat Kertajati Aminudin, Danlanud, Komisaris BIJB dan Direktur PT BIJB Virda Dimas Ekaputra.
Dikatakan Gubernur Aher, bandara Kertajati ini akan segera terwujud. Rencana ini sudah ada sejak tahun 2008 , dan pada waktu itu pembebasan lahan masih 0 persen, kemudian di tahun 2009 Pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah menganggarkan 150 milyar yang disediakan ternyata hanya terserap 3,7 milyar saja. Lalu di tahun 2010 perkembangan menuju BIJB
mulai terlihat, dan mulai dibangun runway sampai tahun 2018 selesai runway dibangun. Tinggal perpanjangan 500 meter runway lagi. Pembangunan fisik ini sudah dimulai sejak tahun 2014, ” kata Aher.
Masih kata Aher, sejak perencanaan akan dibangunnya bandara sudah 10 tahun lebih, ini merupakan gerakan warga Jawa Barat untuk memiliki bandara terwujud yang direncanakan di Bapeda Provinsi Jawa Barat.
” Bandara Kertajati akan segeda terwujuf, dan BIJB ini adalah bandara terluas di Jabar. Ini sangat istimewa karena paling luas yg ada di daerah selain Jakarta Cengkareng. Istimewa yang kedua, bandara yang dirancang masyarakat Jabar ini
merupakan bandara yg pertama kali dimiliki BUMD di Indonesia, ” paparnya.
Sementara itu Direktur BIJB Virda Dimas Ekaputra mengatakan progres pembangunan
BIJB inu sudah mencapai si 92, 79 persen, kesiapan infrastruktur dan fasilitas sudah dipersiapka, lstrik pln, sudah ada air dari PDAm dan lainnua. Kemudian
skses jalan non tol sudah 40 persen dari Kadipaten Jatibarang Indramayu dibangun di sebelah Polsek Kertajati yang nyambung ke bandara, ” ungkapnya.
Bandar udara internasional Jabar ini dengan panjang landasan 2500 m akan digunakan untuk penerbangan haji Indonesia. ” Hasil pembangunan berjalan lancar, serta memenuhi kualitas baik sisi darat maupun sisi udara akan di gran opening pada Juli nanti, ” ujarnya. (Eka)