Hore, Aktivitas Selama Bulan Ramadhan Kembali Normal, Bupati Majalengka: Jangan Lupa Protkes Dijaga

oleh -130 views

Majalengka, korandesa.id Menjelang bulan suci ramadhan kedua di masa pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Majalengka melonggarkan segala aktivitas masyarakat.

Bupati Majalengka, Karna Sobahi mengatakan penerapan bulan ramadhan tahun ini berbeda dengan tahun kemarin.

Pasalnya, ramadhan tahun kemarin segala aktivitas masyarakat serba dibatasi, tahun ini seperti shalat tarawih, shalat ied, tadarus, buka puasa bersama, obrog-obrog, ngabuburit dan lain sebagainya tidak dilarang.

“Tahun ini tidak ada larangan, asalkan jangan lupa protokol kesehatannya dijaga,” ujar Karna kepada korandesa.id, Kamis (8/4/2021).

Meskipun tidak ada larangan namun pada pelaksanaannya pemerintah masih memberlakukan pembatasan masa agar tidak terjadi kerumunan.

“Tapi ingat ini walaupun tidak ada pelarangan, tapi pembatasan harus diterapkan, seperti sholat tarawih 50% kapasitasnya, pokonya jangan sampai berkerumun dan patuhi protkesnya saja,” jelas Karna.

“Buka bersama di ruang terbuka boleh, asal kayak tadi 50% dan waktunya jangan terlalu lama, ceramah-ceramah hanya diberi waktu 15 menit khotbah sholat jumat 10 menit,” lanjut Karna.

Selain aktivitas masyarakat, aktivitas pedagang juga masih diatur operasional jam kerjanya oleh pemerintah.

“Dagang boleh, tapi tetep sampai jam 21.00 WIB, artinya kita lebih menekankan kepada penggunaan protokol kesehatan,” tandas Karna.

Laporan: Erick Disy Darmawan