Jenis-Jenis Ikan Penghuni Sungai Di Perairan Papua, Bentuknya Banyak Yang Unik

oleh -149 views

Korandesa.id – Jenis ikan yang ada di sungai dan peraiaran Papua bentuknya banyak yang terlihat unik dan beberapa jenis ikan yang harganya mahal ternyata ada di perairan Papua.

Berkat alamnya yang masih lestari karena banyak wilayah di Papua yang belum terjamah tangan-tangan serakah manusia maka tak aneh jika di perairan Papua yang begitu luas banyak dihuni oleh ikan-ikan yang jarang ada di wilayah lain.

Lalu jenis-jenis ikan apa saja yang banyak terdapat di sungai atau di peraian Papua ini? Berikut korandesa.id telah membuat artikelnya, silahkan disimak ya !

1.Arowana Jardini

Ikan arowana jardini ini bisa dibilang ikan naga asli Papua. Dari segi fisik ikan ini memiliki tubuh yang agak panjang dan terlihat lebih besar panjangnya bisa mencapai 10 cm dengan berat hampir 17,2 kg. Ikan arowna jardini ini memilki karakter cukup galak dan agresif.

Selain itu memiliki warna agak lebih gelap, dan adanya tujuh baris sisik besar dibagian siripnya terdapat semacam titik-titik mutiara yang menghiasi tubuhnya.

Di habitatnya Ikan yang memiliki nama latin Sceleropages Jardini ini dapat memangsa ikan-ikan kecil, jangkrik, kodok, hingga ulat sebagai sumber makanannya.

Ikan Arowana Jardini ini lebih suka mendiami perairan yang berarus tenang dan banyak terdapat vegetasi atau tanaman air, karena dengan begitu ia mudah mencari mangsa.

2.Ikan Indo-Pasifik Tarpon

Ikan penghuni perairan Papua lainya yaitu Ikan Indo-Pasifik Tarpon , ikan yang memilki nama latin Megalops cyprinoides ini sekilas pintas fisiknya hampir mirip ikan bandeng namun perbedaanya terletak pada warna perak di sisi kedua badannya dan warna hijau jaitun pada bagian atas punggungnya.

Keunikan lainya dari ikan ini terletak pada bagian mulut bawah yang mancung lebih condong menjulur ke atas serta bagian sirip yang lebih panjang hingga mencapai ekornya.

Ukurannya panjang ikan indo pasifik tarpon yang hidup di air tawar bisa hingga mencapai  50 cm sedangkan untuk yang hidup di air asin dapat lebih panjang hingga 100 cm.

3.Ikan Red Stripped Rainbowfish

Jenis ikan unik yang ada di perairan Papua berikutnya yaitu ikan red stripped rainbowfish. Ikan yang memiliki nama latin Melanotaenia splendida rubrostriata ini tergolong kedalam kelompok ikan kecil ia hanya dapat tumbuh dengan panjang 12,5 cm.

Dari bentuk fisik ikan ini memiliki bentuk yang keren dan unik sesuai namanya ia memiliki garis –garis strip berwarna merah pada bagian tubuhnya.

4.Ikan Seven Spot Archerfish

Jangan heran jika kamu bertandang ke peraian-perairan Papua kemudian ada yang menyemprotkan air dari dalam sungai karena itu adalah perilaku dari ikan Seven Spot Archerfis.

Banyak julukan disandangkan pada ikan yang unik dari perairan Papua ini diantaranya yaitu Comman Archer Fish dan juga Largescale Archerfish. Ikan ini terkenal dengan ikan yang bisa memanah atau menyemprotkan air sebagai senjata untuk berburu mangsa seperti serangga , jangkrik yang hinggap didedaunan.

Ukuran ikan yang memiliki nama latin Toxotes Chatareus ini ukurannya panjang tubuhnya bisa mencapai panjang hingga 40 cm.

5.Ikan Barramundi

Ikan yang memiliki nama Latin Lates Calcarifer ini memiliki tampang yang agak menyeramkan, dengan bentuk tubuh yang memanjang ditambah dengan mulut yang besar sedikit miring dengan rahang atas yang membentuk sampai ke belakang mata.

Dari bentuk sirip pun sedikit unik yaitu sirip punggung bagian depan memiliki bentuk agak runcing sedangkan sirip belakang tumpul dan membulat.