Jurus Universitas Majalengka Bangkitkan Ekonomi Pasca Pandemi COVID-19

oleh -6 views

Majalengka – Pandemi COVID-19 telah meluluhlantakkan perekonomian sebagian besar masyarakat di Tanah Air. Tak sedikit pula masyarakat kehilangan pekerjaannya karena banyaknya perusahaan-perusahaan yang terancam bangkrut.

Hal tersebut diakibatkan karena adanya sejumlah kebijakan yang dibuat pemerintah sehingga masyarakat tidak bisa bergerak bebas selama pandemi COVID-19. Dengan demikian, perekonomian pun dibuat ‘rontok’ karena tidak mempunyai ruang gerak.

Tiga tahun sudah, masa kelam ‘jajahan’ virus menular itu kini mulai disambut dengan nafas lega. Pasalnya, COVID mulai melandai dan sejumlah kebijakan yang ‘membui’ masyarakat di Tanah Air mulai dilonggarkan.

Kini, pemerintah serta sebagai besar kalangan mulai berusaha membangkitkan kembali perekonomian masyarakat, termasuk kampus di Kabupaten Majalengka, yakni Universitas Majalengka (Unma).

Dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat pasca pandemi COVID-19, kampus biru itu mencanangkan program Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) bersama masyarakat.

Program tersebut dilaksanakan khusus bagi masyarakat pedesaan, dalam praktiknya Unma melaksanakan kegiatan wirausaha desa melalui pemasaran digital bagi UMKM.

Ketua pelaksana GNRM Unma, Dadang Sudirno menyampaikan, melalui program tersebut pihaknya berharap civitas akademik di Unma bis ikut andil dalam mewujudkan Indonesia yang Maju. Selain itu, hal ini juga sebagai wujud implementasi tridharma perguruan tinggi.

“Penting bagi kita dalam mewujudkan Indonesia yang Maju melalui implementasi Gerakan Nasional Revolusi Mental yang sudah tertuang dalam RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) 2020-2024,” kata Dadang kepada media, Selasa (23/8/2022).

“Sebagai tugas kampus ialah pendidikan, penilitian dan pengabdian kepada masyarakat, maka melalui wirausaha desa sebagai wahana penyelesaian suatu permasalahan berbasis kearifan dan potensi lokal serta kerjasama kemitraan kepada masyarakat, pemerintah desa, pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainnya,” jelas dia menambahkan.

Dalam pelaksanaannya, Unma bekerjasama dengan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK). Mereka akan menyelenggarakan berbagai kegiatan guna mendorong pertumbuhan ekonomi ditengah masyarakat Majalengka.

“Semoga kegiatan GNRM membawa manfaat bagi masyarakat guna membuat aksi nyata revolusi mental melalui peningkatan perekonomian,” ujar dia.

Kegiatan yang akan dimulai 11 Juli sampai 30 Oktober 2022 itu dikemas melalui peningkatan kualitas pemahaman tentang pengembangan kewirausahaan berbasis digital.

“Semakin maju dan berkembangnya dunia teknologi, maka membuat kita untuk senantiasa harus melek IT termasuk juga dalam dunia usaha yang semakin maju,” ucap dia.