Kalian Harus Tau, 5 Ruang Publik di Majalengka Ini Ada WiFi Gratis, Begini Cara Aksesnya

oleh -142 views

Majalengka, korandesa.id Di era digitalisasi, jaringan internet menjadi kebutuhan pokok bagi semua masyarakat.

Dengan itu, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Majalengka menyediakan jaringan internet gratis di sejumlah ruang publik untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat.

Dikatakan, Kepala Diskominfo Majalengka, Gatot Sulaeman melalui Kasi Infrastruktur Teknologi Informasi, Sulaeman Kurdi, saat ini jaringan internet gratis itu tersebar di lima titik ruang publik di kawasan Majalengka kota.

“Ada lima titik, di Alun-alun Majalengka, GGM, Pujasera, Taman Raharja dan Paralayang,” ujar pria yang akrab disapa Leeman, Senin (12/4/2021).

Namun, jelas dia, jaringan internet gratis itu saat ini baru empat titik yang sudah bisa diakses.

“Tinggal yang di paralayang aja belum bisa digunakan mah, jaringan internetnya belum ada, karena susah nangkap sinyal nya di sana mah, tapi kalau box nya mah udah terpasang,” jelasnya kepada korandesa.id.

Leeman menjelaskan, program tersebut diinisiasi oleh Kominfo Provinsi Jawa Barat dalam rangka menuju program smart city.

“Kita cuma sebatas nentuin titik-titik mana saja yang mau di pasang, kemarin juga pas hari Jumat sudah di survei sama pihak Provinsi, mereka malah menyarankan yang di alun itu ditambah lagi jaringannya biar semakin luas,” ucapnya.

Leeman mengatakan, program itu diharapakan dapat membantu masyarakat terutama kalangan pelajar tengah melaksanakan pembelajaran secara daring di masa pandemi Covid-19.

“Terutama anak-anak (sekolah) yang belajar daring, saya harap WiFi gratis ini bisa memanfaatkan secara positif oleh mereka” tuturnya.

“Nanti juga kedepannya kita berharap bisa memasang di setiap sekolah yang memang betul-betul membutuhkan koneksi internet,” sambungnya.

Kendati demikian, jaringan internet gratis itu di setiap titiknya memiliki kapasitas kecepatan kisaran 20 Mbps.

“24 jam aktif, koneksi internetnya tidak di batasi. Cuma mungkin kekurangannya kalau banyak user pasti jaringannya jadi lemot,” ujarnya.

Untuk menggunakannya sendiri, Sulaeman menambahkan masyarakat hanya perlu mengaktifkan WiFi di hp masing-masing.

Lalu pilih nama jaringan WiFi atas nama Jabar Juara.

Selanjutnya klik dan langsung diarahkan ke menu login.

Setelah itu, masyarakat perlu klik kata login dan segera bisa menikmati.


Laporan: Erick Disy Darmawan