Mahasiswa KKN Desa Angrawati Tingkatkan Literasi Lewat PASCADES

oleh -56 views

MAJALENGKA, korandesa.id – Angka Literasi Indonesia saat ini masih tertinggal dari negara – negara lain di Dunia. Penelitian yang dilakukan oleh Program for International Student Assesment (PISA) pada tahun 2015 Indonesia berada pada posisi 62 dari 70 negara.

Rendahnya angka literasi masyarakat Indonesia dipengaruhi beberapa faktor diantaranya akses kepada buku yang masih sulit dan buku bacaan menarik yang disediakan masih sedikit.

Merespon hal tersebut TIM KKN-T / KNM IPB dan UNMA Desa Anggrawati berinisiatif membuat fasilitas pendukung literasi. Program ini dikemas dalam judul PACADES (Pojok Baca Desa). Fasilitas ini sudah diresmikan pada tanggal 8 Juli 2019. Peresmian fasilitas Pacades didatangi oleh Bapak Kepala Desa dan perangkat desa lainnya, Perwakilan PKK dan Komunitas Pemuda. Selain meresmikan fasilitas Pacades, acara tersebut juga menayangkan beberapa video yang menunjukan pentingnya membaca bagi improviasasi perkembangan diri.

Fasilitas Pacades dibuat oleh Tim KKN – T IPB UNMA dengan memanfaatkan sumberdaya lokal. Misalnya ruangan yang digunakan adalah ruangan bekas Lembaga Pemungutan Suara ketika zaman pemilu yang saat ini sudah tidak digunakan. Buku – buku didapat dari open donation yang didapat dari Mahasiswa IPB, Mahasiswa Majalengka dan Masyarakat. Dengan biaya yang minimal, Tim KKN Desa Anggrawati berhasil fasilitas Pacades dengan kurang lebih 100 koleksi buku yang terdiri dari buku pengetahuan umum, komik, novel dan Majalah anak – anak.

Pembuatan Pacades harapannya dapat mendukung peningkatan literasi masyarakat Desa Anggrawati. Tersediannya fasilitas Pacades setidaknya dapat mengurangi hambatan aksesbilitas terhadap buku. Namun Fasilitas yang sudah dibuat jauh dari kata cukup. Pengawasan dan Improvisasi perlu dilakukan oleh seluruh stakeholder diantaranya Mahasiswa, Masyarakat maupun Pemerintah.