Mahasiswa Majalengka Tanam Pohon di Bekas Tumpukan Sampah

oleh -13 views

MAJALENGKA- Sejumlah kegiatan dilakukan para mahasiswa UNMA yang sedang melakukan KKN di Desa Jatitengah, Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka. Kegiatan tersebut melibatkan berbagai kalangan, dari mulai anak-anak sampai orang dewasa.

Salah satu peserta KKN Dhammapada Peralutji mengatakan, salah satu kegiatan yang dilakukan mahasiswa dengan melibatkan orang dewasa di antaranya aksi tanam pohon. Aksi tersebut dilakukan di areal bekas tumpukan sampah Lahan PU.

“Ada 450 pohon dan bibit Mangga Aromanis jenis yang ditanam di samping SD dan TK di areal bekas tumpukan sampah yg sudah dibersihkan yg merupakan lahan pu bersama UMC dan Bersama kepala desa beserta jajarannya. Tentunya ini salah satu upaya kami untuk menjaga lingkungan,” kata Dhamma.

Selain itu, kegiatan yang melibatkan anak-anak di antaranya gambar melukis. Kegiatan yang digelar di SDN I Jatitengah itu, melibatkan instruktur dari Sekolah Gambar Saitor dari Kabupaten Indramayu.

“Disesuaikan dengan usia. Melukis ini kami melibatkan anak-anak TK dan SD,” jelas mahasiswa Teknik Informatika itu.

Di luar dua kegiatan itu, para mahasiswa pun terlibat dalam sejumlah agenda baik formal maupun non formal. Membuat produk yang diberi label bolu susu adalah salah satu kegiatan yang dilakukan mereka bersamaan kelompok UMKM di desa itu.

“Mencoba untuk lebih dekat lagi dengan masyarakat sekitar. Sehingga, tidak hanya yang formal atau terkonsep, kami juga kerap berbaur dengan warga. Ya meskipun sekadar ngobrol-ngobrol, dan membatu kepemroduksian UMKM yang ada di daerah Jatitengah, salah satunya yang kami datangi yaitu keluarga Pak Acon dengan UMKM Pembuatan Kue Basah”, kata peserta KKN lainnya, Heru Wahaerudin.

Sementara, KKN sendiri berlangsung seja 22 Agustus sampai 10 September. Di Jatitengah, terdapat 19 orang mahasiswa dari berbagai fakultas.