Mahasiswa UNMA Raih Medali Perunggu Karate Tradisional di Fornas 2022

oleh -4 views

Majalengka – Prestasi membanggakan diraih mahasiswa Universitas Majalengka (UNMA). Prestasi itu dipersembahkan oleh Rangga Bayoe Pramoedjie.

Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil UNMA ini berhasil meraih medali perunggu pada ajang Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VI 2022 di Palembang, Sumatera Selatan.

Pria berusia 25 tahun ini sukses memetik perunggu melalui cabang olahraga karate tradisional. Dalam perhelatan yang berlangsung dari 1-7 Juli 2022 itu, Rangga berangkat mewakili kontingen dari Provinsi Jawa Barat.

“Alhamdulilah saya mendapat medali perunggu dalam penampilan karate tradisional kategori beregu campuran senior. Beregu sebanyak 6 orang dari Jabar,” kata Rangga saat diwawancarai, Rabu (13/7/2022).

Anak pertama Memen Sulaeman (74) dan Lilis Suryani (76) itu, saat masih duduk di bangku sekolah dasar (SD) sudah menggeluti olah raga karate. Rangga memulai meniti karir profesionalnya sejak SMP.

“Kalau mulai belajar karate pas kelas 6 SD. Mulai terjun lomba-lomba itu pas SMP. Awal mah kalah dulu, ya namanya baru mengasah mental di ajang profesional,” ujar pria asal Blok Kamis RT 021/007, Desa Cibentar, Jatiwangi itu.

Proses panjang yang dilalui Rangga dalam melanjutkan tradisi ‘jawara’ dari keluarganya itu berbuah manis. Sederet prestasi mulai tingkat Daerah hingga Internasional pernah ia goreskan dalam lembaran hidupnya.

“Bapak, ibu sama-sama suka karate. Bapak sama seperti saya pernah juara dalam karate tapi alhamdulilah saya saat ini bisa melampaui orang tua saya dalam prestasi,” ucap mahasiswa semester akhir itu.

Kampus Janjikan Kadeudeuh Untuk Rangga

Sementara itu, Rektor UNMA, Indra Adi Budiman mengaku bangga atas prestasi yang telah torehkan mahasiswanya. Ia berjanji akan memberikan kadeudeuh atas pencapaiannya itu.

“Tentu kami bangga, karena selain mengharumkan Majalengka, kampus juga jadi terangkat,” kata dia.

“Untuk itu kami telah menyiapkan berupa kadeudeuh untuk Rangga. Besarannya nanti wakil rektor 2 yang ngatur,” ujar dia menambahkan.

Berikut sederet prestasi Rangga yang dihimpun korandesa.id:

1. kejuaraan karate international Czech Open Karate Cup 2021

• Juara 1 kata perorangan putra kategori
senior
• Juara 2 kata perorangan putra kategori
senior

2. Pregue Open Winter CUP (Czech) 2021

• juara 2 Kata perorangan putra kategori
senior

3. Czech Open Karate Cup 2022

• Juara 1 Kata Perorangan Putra Kategori
Senior

4. Forprov IV Sumedang 2022

• Juara 1 Kata Beregu Campuran kategori
Senior
• Juara 3 Kata Perorangan Kategori Senior 5. Fornas VI Palembang ( jakabaring )
• Juara 3 Kata Beregu Campuran Kategori
Senior

5. Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VI Palembang 2022

• Juara 3 Kata Beregu Campuran Kategori Senior