Mamat Saripudin Berhasil Bawa Desa Bongas Wetan Menjadi Desa Tangguh

oleh -120 views

Majalengka, korandesa.id.- Pembangunan infrastruktur dan Sumber Daya Manusia (SDM) di desa Bongas wetan Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Majalengka selama kepemimpinan Kuwu Mamat Saripudin mengalami peningkatan yang luar biasa. Terlihat beberapa bangunan infrastruktur seperti jalan lingkungan, saluran irigasi, kantor desa, dan fasilitas pendidikan sangat tertata rapi. Bahkan saat korandesa.id berkunjung ke desa tersebut, jalan lingkungan dibeberapa tempat seperti blok senen, blok jumat dan buah gede sedang diperbaiki dan dipasang PJU (Penerangan Jalan Umum).

Diakhir masa jabatannya sebagai kepala desa Bongas Wetan, Mamat bertekad untuk terus menggenjot pembangunan di desanya. Hal itu telah ia buktikan dalam merealisasikan bantuan pemerintah secara transparan sehingga desa bongas wetan sekarang ini menjadi desa mandiri menuju desa tangguh swasembada.

Menurut Mamat, awalnya Bongas Wetan merupakan desa tertinggal dari desa desa yang ada di Kabupaten Majalengka. ” Awalnya desa Bongas Wetan merupakan desa tertinggal dan setelah 2 tahun kepemimpinan saya masuk desa berkembang, kemudian di tahun sekarang sudah menjadi desa mandiri”, jelas Mamat pada Jum’at siang (26/02/2021).

“Insya allah saya akan meneruskan pembangunan dan mempertahankan kinerja yang sudah bagus. Selama ini desa Bongas wetan merupakan desa terbaik diantara kecamatan yang ada dan merupakan perwakilan profil kabupaten buat ke-provinsi karena desa tangguh, semua pamong desa nya sudah swasembada, inilah yang harus saya pertahankan. Insya Allah saya akan meneruskan pembangunan dan akan mempeetahankan kinerja yang sudah bagus selama ini”, ujarnya.

Sementara itu Kepala Urusan (Kaur) Perencanaan desa Bongas Wetan Agung Sawir mengatakan, desanya dibawah kepemimpinan kuwu Mamat terus berbenah, menurutnya,setelah kepemimpinan kuwu Mamat desanya semakin didepan. “Selama ini, dibawah kepemimpinan kuwu Mamat, pembangunan disegala sektor dari mulai infrastruktur sampai sumber daya manusianya cukup bagus, pak kuwu sangat memperhatikan keinginan dan harapan masyarakat, beliau juga sangat perhatian kepada bawahannya, terkait anggaran pembangunan pak kuwu sangat transparan hingga kami juga bersemangat untuk mensukseskan program programnya”, jelas Agung.

“Bukan hanya itu, pak kuwu juga selalu menerapkan kedisiplinan kepada bawahannya, beliau mewajibkan semua pamong desa untuk masuk kerja mulai pukul 07.30 Wib, dan pulang sekitar pukul 16.00 Wib”, tambah Agung.

Menurut Agung program yang sekarang sedang berjalan adalah perbaikan jalan lingkungan di blok Senen, blok Jumat dan blok buah gede serta perbaikan saluran irigasi Cibango mati.

Dari gaya kepemimpinan Mamat Saripudin yang selalu mengedepankan akuntabilitas dan ketransparansian administrasi, wajar bila warga mengharapkan dia untuk kembali melanjutkan memimpin desa Bongas Wetan selama 6 tahun kedepan.

Seperti halnya yang diungkapkan beberapa warga bongas wetan kepada wartawan korandesa.id, pada siang tadi, Jum’at (26/02) . Mereka sangat berharap Mamat kembali ikut pencalonan kepala desa di Bongas Wetan pada 22 Mei 2021 mendatang. Mereka percaya di bawah kepemimpinan Kuwu Mamat, desa Bongas Wetan akan lebih maju lagi. (***)

Penulis : Asep Trisno