Maruarar Sirait Dampingi President Jokowi Di Perayaan Dies Natalis ke-67,Universitas Katolik Parahyangan

oleh -19 views

BANDUNG, KORANDESA.ID –
Anggota DPR RI Periode 2004-2019 asal dapil Majalengka – Sumedang – Subang (SMS), Maruarar Sirait mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat perayaan Dies Natalis ke-67, Universitas Katolik Parahyangan, Bandung, pada Senin (17/1/2021).

Pada kesempatan itu nampak Maruarar sebagai alumni Unpar, memakai baju kemeja lengan pendek warna merah bata bergaris hitam ditengahnya, ikut mengawal kehadiran Presiden Jokowi di kampus setempat.

Saat itu, civitas akdemika yang hadir langsung bertepuk tangan ketika Presiden tiba di lokasi kampus.

Semua hadirin menyambuat hangat kehadiran Jokowi baik sejak kedatangan maupun di dalam auditorium.Usai itu, Presiden Jokowi menyampaikan Presidential Lecture dan berhasil memukau civitas akademika universitas yang kini menginjak usia 67 tahun itu.

Pada kesempatan ini, lebih dari 10.000 peserta mengikuti Presidential Lecture tersebut secara luring, baik yang ada di ruang auditorium, maupun secara daring dari ruang multifungsi, kelas-kelas, dan dari tempat masing-masing para mahasiswa dan alumni.

Rektor Unpar, Mangadar Situmorang mengatakan, kunjungan Jokowi ke Unpar merupakan kunjungan kedua seorang Pesiden selama 67 tahun Unpar berdiri.

Peristiwa pertama 19 Januari 1961 ketika Presiden Soekarno datang ke Unpar dies natalis ke-6.

Kehadiran Bung Karno ke Unpar atas undangan sahabat-sahabatnya yaitu Mgr Sugiopranoto, Mgr. N.C.J. Geise dan Mgr. Arntz. Mgr. N.C.J. Geise dan Mgr. Arntz mendirikan Unpar pada 1955 yang merupakan perguruan tinggi Katolik pertama di Indonesia.

Mangadar mengatakan, tujuan pendirian Unpar untuk mendidik generasi muda bangsa dalam mengisi kemerdekaan dan menjadi insan-insan pembangunan.

Sekalipun disebut Universitas Katolik tetapi para pendiri Unpar mengatakan harus menjadi tempat bagi setiap orang yang berkehendak baik dari manapun suku, ras dan agamanya.

Ini adalah praktek ke- Pancasila-an, kebangsaan, humanumnya Unpar dan kebhinekaan Unpar. Kami bangga dan terhormat Bapak Presiden Jokowi bisa datang ke kampus Unpar,” kata Mangadar, dalam keterangan resminya, Senin (17/1/2022).

Kehadiran Presiden Jokowi di Unpar tidak terlepas dari data dukungan kebaikan banyak orang-orang hebat dari alumni Unpar.

Rektor pun menyebut para alumni Unpar itu seperti Maruarar Sirait, Ivan Sadik, Anggota BPK, Anggota DPD, DPR, Bupati, dan Walikota dan alumni lainnya.

Tidak lupa juga hadir alumni yang bekerja di dunia usaha, pegiat seni dan para rohaniniwan seperti uskup Agung Jakarta Mgr. Antonius.

Thema Dies Natalis kali ini diilhami pidato bung Karno pada dies natalis ke-6 Unpar dengan bertanya sekaligus menjawab bahwa tujuan negeri ini mengadakan universitas-universitas tidak lain dan tidak bukan adalah untuk membangun satu masyarakat adil dan makmur berdasarkan pancasila.

Bung hatta juga hadir di Unpar pada tahun 1959 dan 73 atas undangan dewan mahasiswa Unpar. Bung Hatta menyampaikan ide demokrasi dan demokrasi Pancasila.

“Tema Dies Natalis Unpar ke-67 ini didasarkan pengalaman kita bersama mengikuti perkembangan negeri dibawah kepemimpinan Jokowi. Dalam pelaksanaan kepemimpinan Jokowi dengan tegas menegakkan Pancasila dan juga dengan penuh kesantunan dan kedamaian berpegang teguh kepada Pancasila,” kata Mangadar.Jokowi, kata Mangadar, telah memberi bukti nyata keteladanan penerapan nilai-nilai Pancasila.

“Bapak Presiden Jokowi selalu mengaskan Pancasila sebagai pegangan karena disitulah kekuatan kita, kekuatan rakyat dan disitu pula keindahan negeri ini,” katanya.

Unpar pun bertekad harus terus berusaha membangun mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila sebagaimana bung Karno menegaskannya dan Jokowi menenerapkannya dalam kehidupan bersama.

Mengadar menegaskan, Unpar akan selalu bersama rakyat, tidak hanya sekedar berpihak kepada masyarakat tetap bersama-sama dengan rakyat.

Sebab disitulah kekuatan bangsa ini dan disitu juga kebhinekaan dan keindahan tradisi bangsa ini.(***)

No More Posts Available.

No more pages to load.