Melalui BUMDes, Kepala Desa Jatiraga Perkuat Ekonomi Warga

oleh -30 views

Majalengka, korandesa.id – Menjadi kepala desa di jaman now ini, tidak hanya cukup dengan memenangkan saat pilkades saja, melainkan juga harus punya visi misi yang jelas mengenai pembangunan ekonomi desanya. Terbitnya Undang Undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa tentu saja membuka ruang kesempatan yang lebih lebar bagi desa, dan bagi semua pihak untuk mentransformasi desa menjadi lebih baik dan lebih bermakna.

Lahirnya Undang Undang Desa dan Program Dana Desa dari pemerintah pusat mengharuskan seorang Kepala Desa memiliki kemampuan merancang bangun visi pembangunan desanya. Kepala desa harus memiliki konsep yang jelas untuk menciptakan kesejahteraan bagi warganya. Berbagai langkah pembangunan yang dijalankannya harus memiliki pola yang jelas dan tahapan yang terukur.

Hal tersebut diatas telah di contohkan oleh Carsidik salah satu Kepala desa Jatiraga Kecamatan Jatitujuh Kabupaten Majalengka Jawa Barat yang sekarang sedang menjabat di periode keduanya.

Sesuia dengan visi pembangunan desanya dalam peningkatan ekonomi dan kesejahtraan masyarakat, Carsidik bersama jajaran pemerintahan desa mengaplikasikan amanat Undang Undang desa tersebut dengan mengalokasikan program Dana Desa (DD) sesuai visi pembangunan di desanya.

Selain pembangunan infrastruktur yang terus dikebut selama dia menjabat kepala desa, tak lupa peningkatan kesejahtraan ekonomi warga melalui BUMDes juga ia gulirkan.

Menurutnya di tahun sekarang saja untuk penguatan modal BUMDes, ada penyertaan modal dari DD sebesar Rp. 265.000.000 yang terbagi dalam 2 tahap. Selain penyertaan modal tersebut, untuk lebih memperkuat permodalan, ia juga menggandeng Bank bjb bekerjasama dengan BUMDes dalam pemberdayaan perempuan di bidang kerajinan anyaman rotan yang sedang di rintis.

Selain Pemberdayaan perempuan di bidang kerajinan anyaman rotan menurut Carsidik, BUMDes desa Jatiraga juga melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor, PBB dan pelayanan BPNT serta transaksi perbankkan lainnya. “Alhamdulillah BUMDes desa Jatiraga sekarang sudah melebihi modal sebelumnya, artinya kami sudah ada keuntungan dari modal BUMDes tersebut”, ujar Kuwu Carsidik.

“Saat ini BUMDes milik desa yang bekerja sama dengan bank bjb Majalengka, selain pemberdayaan ibu ibu pengrajin anyaman rotan juga sudah bisa membantu masyarakat petani tebu di desa Jatiraga dengan memberikan pinjaman modal kepada mereka serta pengembalian setelah panen”, kata Carsidik

Menurutnya, saat ini para petani tebu yang di bantu BUMDes sudah mencapai luasan sekitar 200 Ha lebih lahan perkebunan tebu, dan rencananya akan di perluas sampai 500 hektar. “Tentunya ini bukan biaya yang sedikit untuk penambahan modal BUMDes tersebut, makanya kami melakukan kerja sama dengan pihak Bank bjb, ini semua demi memajukan desa kami dengan tujuan meningkatkan perekonomian yang meluas dan merata”, katanya pula.

Diakui Kuwu Carsidik Selain penyertaan modal BUMDes dan pembangunan infrastruktur jalan usaha tani di tiga titik lokasi, dana desa yang diterimanya tahun ini, juga dialokasikan untuk penangan covid -19 dalam bentuk bantuan langsung tunai (BLT) bagi masyarakat terdampak Covid serta bantuan sembako dan makanan siap saji bagi warga yang melakukan isolasi mandiri (ISOMAN) karena terpapar COVID 19.(***)

Laporan : Asep Trisno

No More Posts Available.

No more pages to load.