Menikmati Cascara Fresca Menu Khas Kopi Apik Majalengka

oleh -12 views

Majalengka, korandesa.id – Terkadang,
runtutan rutinitas yang padat membuat pikiran terasa penat. Entah karena pekerjaan, atau tugas kampus yang bikin stress. Yang jelas, saat kondisi seperti ini pikiran butuh ketenangan yang bisa membuyarkan rasa penat dari hiruk-pikuknya rutinitas.

Salah satu alternatif untuk merefleksikan pikiran dari hiruk-pikuknya rutinitas adalah ngopi. Ya, rasa pahit dari kopi memberikan efek ketenangan dan kenikmatan tersendiri setelah meneguknya.

Di Majalengka, Jawa Barat, ada salah satu racikan kopi yang cocok untuk dinikmati saat pikiran sedang stress, yakni Cascara Fresca. Adapun minuman berbahan kulit kopi ini adalah salah satu menu khas Kedai Kopi Apik yang terletak di Jalan Satari, Kelurahan Majalengka Kulon, Kecamatan Majalengka.

“Cascara Fresca ini olahan minuman dari kulit kopi yang dikeringkan kemudian kita mix jadi sebuah minuman yang menarik. Kulit kopi ini diseduh kemudian ditambah lemon, dicampur dengan soda jadilah Cascara Fresca,” kata Owner Kopi Apik Gilang Pramudhita (35), Senin (8/11/2021).

Minuman yang dibandrol Rp 15 ribu itu, memiliki rasa yang menyegarkan. Sehingga minuman ini sangat cocok untuk mengembalikan mood positif setelah merasakan lelahnya beraktivitas.

“Cascara Fresca kalau bahasa Spanyol itu artinya menyegarkan. Dan, minuman ini rasanya memang menyegarkan,” jelas alumni SMAN 1 Majalengka itu.

Kata Gilang, ide racikan kopi ini lahir secara insting dirinya sebagai ‘pecandu’ kopi. Dengan eksperimen dirinya, Gilang berhasil menjodohkan perpaduan kopi dengan lemon sehingga menghasilkan minuman yang menyegarkan.

“Baru dirilis sekitar 2 Minggu kemarin kang. Idenya muncul secara intuitif saja, ketika ada bahan ini kalau saya campur jadi begini yaudah akhirnya jadi satu prodak minuman,” jelas dia.

Minuman dengan takaran 160 Mili itu disajikan tanpa gula didalamnya. Namun, gula pada minuman ini ditabur dipinggir mulut gelas, sehingga mendapatkan sensasi manis diakhir.

“Dalam minumnya itu nggak ada gula. Cuma si gulanya itu selain jadi garnis memang jadi pemanis. Artinya bukan dicampur di dalam minumnya tapi jadi pendamping atau pelengkap aja di gelasnya seperti itu. Bisa juga dikatakan sebagai garnis atau pemanis,” papar dia.

Sementara, sekedar informasi, untuk waktu operasional Kopi Apik sendiri mulai buka dari pukul 07.00 WIB – 22.00 WIB.