Menteri Desa :Dana Desa Mampu Tuntaskan Desa Tertinggal

oleh -46 views

Majalengka, KD
Menteri Desa, PDT, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, B. S. E. E. MBA didampingi Wakil Ketua MPR Muhaimin Iskandar (dikenal Cak Inin), serta Bupati Majalengka DR H Sutrisno SE MSi mengunjungi Desa Kawunghilir Kecamatan Cigasong dalam agenda jelajah desa ramadhan 2018 sekaligus temu kepala desa se Kabupaten Majalengka, Rabu (30/5).
Dalam sambutannya Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, B. S. E. E, MBA mengatakan Dana Desa sejak digulirkan tahun 2015 telah mampu membangun infrastruktur, kemudian pemberdayaan masyarakat serta mampu membangun ekonomi desa.
” Di Majalengka ini alhamdulillah dengan Dana Desa ini telah mampu mengikis desa tertinggal. Dana Desa tahun ini dicairkan menjadi tiga termin dan harus dikelola oleh masyarakat setempat tidak boleh di kontrakkan, ” terangnya.
Lanjutnya, 30 persen dari Dana Desa harus dibayarkan upah agar bisa menimbulkan daya beli masyarakat setempat.
“Masyarakat harus dilibatkan termasuk pondok pesantren, ” pungkasnya.
Sementara itu Bupati Majalengka DR H. Sutrisno SE MSi sangat bangga dengan diterbitkannya UU Desa No 6 Tahun 2014 tentang desa. Karena sesuai dengan tugas pemerintah melayani rakyat untuk mencapai kesejahteraan yang berkeadilan.
“Rakyat di desa harus disejahterakan, makanya saya sudah mempunyai misi menciptakan Desa Mandiri dalam masa pemerintahan saya, serta di Dinas P3AKB ada bidang khusus pembinaan kemasyarakatan desa, ” tuturnya.
Di akhir acara Menteri Desa, PDT dan transmigrasi memberikan bantuan pembangunan embung kepada Desa Majasuka Kecamatan Palasah serta bantuan sarana olahraga kepada Desa Ligung Kecamatan Ligung, kemudian bantuan pengembangan desa wisata Desa Girimukti Kecamatan Dawuan. Selain itu diberikan bantuan bagi 15 Bumdesa sebesar Rp. 50 juta per desa.
Di sela sela kegiatan digelar paket sembako murah dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin berharap desa bisa menjadi kekuatan ekonomi bangsa. (Eka)

No More Posts Available.

No more pages to load.