Pengembangan Ekonomi Kreatif Oleh Mahasiswa KNM UNMA Di Desa Cibeureum Kecamatan Talaga

oleh -49 views

MAJALENGKA, korandesa.id – Mahasiswa Universitas Majalengka (UNMA) yang sedang melaksanakan kegiatan KNM di Desa Cibeureum Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka. Melihat dari beberapa potensi yang ada salah satunya dalam bidang ekonomi , mahasiswa mencoba membantu mengembangkan home industri yang sedang di kelola oleh masyarakat desa Cibeureum, Senin (15/07/2019).

Salah satu home industrinya yaitu memproduksi keripik usus di dusun babakan sari desa Cibeureum, ibu ros selaku pemilik home industri mempunyai produk keripik usus dengan rasa yang enak dan gurih namun dalam segi kemasan kurang begitu menarik. Dari itu mahasiswa mencoba memberikan solusi untuk bisa membantu pemasarannya dalam bentuk renovasi logo dan kemasannya yang lebih menarik.

Ketua KNM UNMA desa cibeureum Riyo Sukmawan S, mencoba memberikan ide untuk merenovasi logo tanpa mengubah logo awal dari produk itu karena sebagai ciri khas logo dari keripik usus yang di produksi oleh ibu ros, kemudian kemasan yg hanya menggunakan plastik biasa kemudian di ganti dengan plastik standing pouch agar keripik juga lebih awet lagi masa kadaluarsanya.

Dari ide yg coba di usulkan kepada pemilik produksi ternyata dapat respon positif, ibu ros selaku pemilik merasa senang dan lebih optimis dalam membangun usahanya dengan beberapa perubahan untuk produknya.

Produk yg lebih menarik dan berkualitas akan lebih mudah untuk pemasarannya dan tidak mudah d claim home industri lain. Dari itu mahasiswa KNM UNMA mengesahkan logo dan kemasan yang sudah di renovasi untuk home industri keripik usus yang di produksi oleh ibu ros.

Tri Ferga Prasetyo, M.Kom sebagai Dosen Pembimbing Lapangan KNM Desa Cibereum menambahkan “Melihat banyaknya potensi ekonomi kreatif yang dapat di kembangkan untuk kedepannya seperti Jamur Merang, Peternakan ayam, seroja berbagai rasa, raginang berbagai rasa dan menumbuhkan jiwa kepedulian terhadap home industri yang dapat di kembangkan menjadi BUMDES,” Tambahnya.

(Rick)