Persiapan Pilkada 2024, KPU Majalengka Ajukan Anggaran 121 M

oleh -0 views

Majalengka, korandesa.id Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Majalengka ajukan anggaran sebesar 121 Milyar ke DPRD Kabupaten Majalengka.

Hal itu mereka upayakan sebagai bentuk persiapan menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2024 mendatang.

Ketua KPU Majalengka Agus Syuhada mengatakan, saat ini legislatif Majalengka sudah membahas peraturan daerah (Perda) untuk Pilkada 2024.

Menurutnya, Perda tersebut diperkirakan akan rampung sekitar minggu sekarang.

“Sekarang sedang dibahas Perdanya, Minggu ini atau minggu depan kemungkinan sudah ada Perdanya. Mudah-mudahan gak jauh lah angkanya,” ujar Agus kepada korandesa.id, Jumat (11/6/2021).

Pilpres, Pileg, Pilgub dan Pilbup Digelar Tahun 2024

Sementara itu Agus menyampaikan, hasil Rapat Dengar Pendapat (RDP) KPU RI dengan DPR RI Komisi II gelaran pemilihan umum (Pemilu) serentak tahun 2024 akan dilaksanakan pada tanggal 28 Februari dan 27 November 2024.

“Rencananya 28 Februari 2024 itu pemilihan presiden (Pilpres) dan pemilihan legislatif (Pileg), tanggal 27 November 2024 itu pemilihan gubernur (Pilgub) dan pemilihan bupati (Pilbup),” jelas Agus.

“Tapi pemilihan tanggal 28 Februari itu diprotes sama masyarakat Bali karena bertepatan dengan Galungan (hari raya umat Hindu). Sepertinya untuk Pilpres dan Pileg akan direschedule tidak jadi tanggal 28 Februari,” sambungnya.

KPU Majalengka Belum Menargetkan Jumlah Partisipasi Masyarakat di Pemilu 2024

Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat di pemilihan umum, penyelenggara pemilu harus memutar otak agar masyarakat memiliki kesadaran politik dan antusias tinggi dalam menyambut Pemilu.

Pada pemilu tahun 2019, KPU Majalengka dinilai sukses sebagai penyelenggara pemilu, karena pihaknya mengaku telah berhasil melebihi target partisipasi masyarakat pada pemilu tahun 2019.

Namun di Pemilu serentak tahun 2024 mendatang, KPU Majalengka belum memastikan target jumlah partisipasi pemilih.

“Belum menentukan target berapa persen untuk tahun 2024, nanti kita rapatkan lagi target tahun 2024. Tapi pada Pemilu tahun 2019 kita melampaui target, kami targetkan 77,5% tapi realitanya Alhamdulillah mencapai 80,4%,” kata Agus.

KPU Majalengka Jamin Kesehatan Petugas KPPS Pemilu Serentak 2024

Selain memikirkan jumlah partisipasi pemilih, KPU juga mengantisipasi petugas TPS agar tidak terjadi seperti Pemilu serentak tahun sebelumnya.

“Itu juga sudah diantisipasi ya (terkait penyelenggara yang sakit dan meninggal karena pemilu) oleh KPU RI, nanti ada regulasi khusus terkait hal itu misalnya, penyederhanaan surat suara dan juga pengujian formulir-formulir yang ada di TPS, jadi kalau lebih sederhana pekerjaan atau beban KPPS di TPS itu akan menjadi semakin ringan,” ujarnya.

Kendati demikian, pihak KPU juga akan menjamin kesehatan panitia KPPS di Pemilu serentak mendatang.

“Ada jaminan kesehatan juga, kemarin juga ada santunan untuk yang sakit atau meninggal,” tandasnya. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *