Raih Anugerah Pelopor Keselamatan, ASTRA Tol Cipali Terus Menjadi Lebih Baik

oleh -23 views

Jakarta, korandesa.id. — PT Lintas Marga Sedaya (PT LMS) sejak diakuisi secara mayoritas oleh ASTRA Infra pada November 2019, terus berkomitmen untuk berbenah diri memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengguna jalan. Salah satu upaya dari bentuk komitment ASTRA Tol Cipali diapresiasi oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dengan memberikan penghargaan Pelopor Keselamatan dalam mengimplementasikan Program Keselamatan Lalulintas dan Angkutan Jalan di Indonesia. Anugerah ini diberikan langsung oleh Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono pada Selasa, 22 Desember 2020 di Bali.

Dalam kata sambutannya, Soerjanto menyampaikan apresiasisi kepada ASTRA Tol Cipali yang telah banyak melakukan upaya keselamatan untuk mengurangi angka kecelakaan di Jalan Tol Cipali. Upaya-upaya tersebut dilakukan atas rekomendasi KNKT dan Dirjen Perhubungan Darat. Meskipun belum ada regulasi resmi dari Kementerian Perhubungan dan KNKT yang mengharuskan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk memasang speed reducer marking di lajur namun ASTRA Tol Cipali dengan responsif dan sigap menerapkan rekomendasi tersebut di ruas tol Cipali.

Langkah serta upaya yang dilakukan dengan memasang speed reducer marking yang berfungsi sebagai marka peringatan bagi pengguna jalan agar tetap fokus dan waspada saat berkendara. Marka speed reducer terdiri dari jenis marka dragon teeth dan marka chevron. lnovasi ini sudah terpasang sepanjang 8 KM pada Ruas Tol Cipali di sepanjang tahun 2020 sekaligus merupakan marka peringatan yang diaplikasikan pertama dan satu-satunya di jalan tol di Indonesia sesuai hasil rekomendari dari KNKT dan Peraturan Direktur Jendral Perhubungan Darat Nomor : KP 312./AJ.502/DRJD/2020 tentang Uji Coba Penyelenggaraan Marka Pengurangan Kecepatan.

“Kami sangat berterima kasih kepada KNKT yang telah memberikan apresiasi kepada ASTRA Tol Cipali sebagai Jalan Tol Pelopor Keselamatan dalam mengimplementasikan Program Keselamatan Lalulintas dan Angkutan Jalan di Indonesia. Apresiasi ini menjadi semangat buat kami ditengah kondisi pandemi saat ini, masih dapat berkontribusi dalam keselamatan lalulintas. Kami akan terus berupaya memberikan layanan yang terbaik kepada pengguna jalan dan terus berinovasi serta berkarya melalui program-program yang akan dilakukan di tahun mendatang sehingga pengguna jalan dapat merasakan manfaatnya dan dapat berkendara dengan lancar, aman dan nyama di tol Cipali,” ungkap Suyitno, General Manager ASTRA Tol Cipali saat menerima penghargaan tersebut.

Sebagai bentuk keseriusan ASTRA Tol Cipali dalam meningkatkan pelayanan keselamatan kepada pengguna jalan mulai tahun 2021, akan terpasang CCTV setiap IKm di sepanjang ruas tol Cipali. Selain iłu juga sebelum Lebaran 2021 dipastikan wire rope terpasang sepanjang 109 Km, yang berfungsi sebagai pagar pengaman untuk menahan berat beban hingga 80 ton sehingga kendaraan tidak berpindah jalur.

Selain itu juga dari Sisi enforcement akan sering dilakukan operasi speed gun setiap 1 bulan sekali Oleh pihak kepolisian daerah dan penindakan overdimension overload (ODOL) akan dilakukan rutin setiap 2 bulan sekali bersama dinas perhubungan. Diharapkan dengan rutinnya penindakan ini dilakukan kesadaran pengguna jalan dalam berkendara dapat berubah menjadi lebih baik.

Dari data yang tercatat di ruas tol Cipali angka kecelakaan tertinggi sebanyak 80% disebabkan Oleh faktor kelalaian manusia. Berdasarkan kajian KNKT, jalan tol Cipali memiliki faktor reaksi manusia yang berdampak pada kecelakaan, yaitu resiko lelah pada pengemudi dan tingginya gap kecepatan. Dengan kondisi tersebut berbagai upaya telah dan akan dilakukan Oleh ASTRA Tol Cipali untuk menurunkan angka kecelakaan salah satunya melalui program 3E : Education, Engineering dan Enforcement.

“Pada November 2020 tercatat penurunan angka kecelakaan sebanyak 7% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Penurunan jumlah laka di Tol Cipali tentunya buah hasil dari ke konsistenan ASTRA Tol Cipali bersama dengan pihak terkait melalui berbagai upaya baik dari peningkatan fasilitas keselamatan maupun sosialisasi yang dilakukan baik melalui spanduk dan juga media sosial yang massif dilakukan kepada masyarakat,”tambah Suyitno.
Tentunya keberhasilan dari program 3E (Education, Engineering dan Enforcement) ASTRA Tol Cipali dalam menekan laka tidak akan terlaksana dengan konsisten tanpa adanya bantuan dan juga sinergi dari berbagai pihak yang tentunya memiliki fokus yang sama dalam mensosialisasikan keselamatan berkendara dan juga kesadaran pengguna jalan dalam berkendara dengan tertib dan sesuai dengan rambu-rambu lalu lintas.

ASTRA Tol Cipali berharap pengguna jalan saat berkendara di Ruas Tol Cipali untuk selalu mematuhi rambu lalu lintas dan selalu jaga kondisi tubuh dan kendaraan. Selalu cek kembali kendaraan khususnya tekanan ban kendaraan Anda sebelum melakukan perjalanan. Apabila telah berkendara 4jam atau sudah lelah segera beristirahat di 8 rest area yang tersebar di sepanjang Tol Cipali dan juga rest area yang berada di exit gerbang terdekat. Pastikan saldo uang elektronik Anda cukup sesuai dengan tujuan serta pastikan menggunakan kartu uang elektronik yang sama saat bertransaksi di gerbang masuk ataupun gerbang keluar. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.