Rangkaian HPN : PWI dan IDI Cabang Majalengka Gelar Aksi Pengobatan Gratis Kepada Warga.

oleh -42 views

KORANDESA.ID, MAJALENGKA –
Masih dalam rangkaian peringatan Hari Pers Nasional, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Majalengka bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Majalengka, menggelar pemeriksaan kesehatan gratis di obyek wisata Gunung Karang Blok Pancurendang Kelurahan Babakan Jawa Kecamatan Majalengka, Jum’at (28/2/2020).

Kegiatan ini mendapatkan sambutan antusias dari masyarakat, termasuk Wakil Bupati Majalengka Tarsono D Mardiana yang ikut serta memeriksakan kesehatannya.

Pemeriksaan kesehatan sendiri berupa cek gula darah, cek kolesterol, cek tensi, cek lemak sera yang sakit diberikan obat. Dokter yang terlibat pada kegiatan itu sendiri sebagian besar dokter spesialis.

Ketua IDI Kabupaten Majalengka dr Hj.Erni Harleni menuturkan,kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian pihaknya kepada masyarakat.Apalagi sebagai organisasi profesi, IDI tidak menutup diri untuk menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dalam peningkatan pelayanan kesehatan pada masyarakat.”Dalam hal ini, kita tidak bisa sendiri-sendiri, kita harus bersama-sama membangun dan mengajak masyarakat untuk hidup sehat. Untuk itu, IDI selalu bersama masyarakat untuk membangun Majalengka dari segi kesehatan,” katanya.

Selain itu ke depan, IDI juga ingin mengajak semua pihak untuk peduli sesama, kali ini IDI bersama dengan PWI Majalengka melakukan aksi bakti sosial dengan pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis.” Kita tingkatkan lagi kerja sama yang sudah terjalin, artinya media juga memiliki peranan penting dalam membantu sosialisasi pada masyarakat. Ini yang dimaksud dengan sinergi dan membangun bersama,” ujarnya.

Dia menambahkan, pelayanan kesehatan secara cuma-cuma kepada masyarakat Majalengka ini melibatkan seluruh dokter spesialis. Dan kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian dokter kepada masyarakat setempat. Sebab, pembangunan kesehatan merupakan bagian dari tugas, pokok dan fungsi dokter. ” Pelayanan kesehatan ini merupakan bentuk pengabdian dokter kepada masyarakat. Kegiatan seperti ini, akan terus kami laksanakan dan ini bentuk kepedulian IDI bagi masyarakat Majalengka,” ungkapnya.

Ketua Panitia HPN Abdurakman didampingi Sekretaris Panitia Inin Nastain sebagai organisasi profesi, PWI ingin memberikan manfaat pada masyarakat. Apalagi melalui momentum HPN ini telah menggelar berbagai kegiatan, termasuk dengan IDI Majalengka. “Kita ingin melakukan kegiatan tidak hanya meliput dan menulis berita, tetapi kami ingin memberikan yang lebih bermanfaat pada masyarakat, seperti yang dilakukan saat ini yakni pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis,” katanya.

Inin menambahkan, latar belakang pemeriksaan kesehatan gratis ini selain memeriahkan HPN, juga ingin membantu masyarakat yang ingin memeriksakan kesehatannya.Terlebih belakangan ini cuaca ekstrim terjadi di wilayah Kabupaten Majalengka.”HPN ini milik masyarakat,jadi kita ingin bantu warga yang sedang sakit atau ingin memeriksa kesehatan tubuhnya,”tuturnya.

Salah seorang warga setempat Asep Lukman mengaku bersyukur dengan adanya kegiatan ini, karena telah memfasilitasi masyarakat untuk memeriksakan kesehatanya.”Alhamdulillah tadi saya dinyatakan sehat.Semoga kegiatan semacam ini terus berlanjut karena manfaatnya besar sekali,”tukasnya.***