Ratusan Remaja Mesjid Di Kabupaten Majalengka Dapat Pelatihan Digital Literasi Dari Kadubes Amerika

oleh -42 views
Remaja Mesjid Kabupaten Majalengka Bersama Perwkilan Kadubes Amerika Kresna Sugio dan Alumni IVLP seusai acara Pelatihan Digital Literasi

KORANDESA.ID, MAJALENGKA -Ratusan Remaja mesjid se Kabupaten Majalengka hari sènin hingga selasa (18/02 ) lalu, mendapatkan pelatihan digital literasi dari Kadubes Amerika melalui Alumni IVLP ( International Visitor Leadership Program ). Kegiatan yang dikemas dalam Workshop Literasi Digital ramatloka ini, dibuka langsung oleh wakil bupati Majalengka Tarsono D Mardiana dan mendapat apresiasi dari Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, senin ( 17/02 ).


Kegiatan yang diselenggarakan Alumni IVLP bekerjasama dengan harian umum Pikiran rakyat Bandung ini, disambut baik para remaja yang tergabung dalam ikatan remaja mesjid diberbagai pelosok majalengka.

Dalam sambutannya Uu yang didampingi Kepala Kementrian Agama Majalengka DR. H. Yayat Hidayat mengatakan, bahwa para remaja masjid di Kabupaten Majalengka harus mampu menahan dan menangkal berita kebohongan yang ada di media sosial.

“Kalau mereka mampu, mungkin mereka juga dapat mengantisipasinya, karena jelas berbohong itu haram,” ujar Uu, Senin (17/2/2020).

Uu berharap dengan kemampuan para remaja masjid di dunia digital, mampu memberikan manfaat dan maslahat kepada umat khususnya untuk generasi muda.

“Kalau bisa, generasi muda, kaum milenial atau ikatan remaja masjid lewat media sosial ini, dapat mengajak untuk ke masjid, untuk mengikuti solat dan kebaikan-kebaikan,” ucapnya.

Dengan demikian, UU menambahkan, ajakan-ajakan yang dilakukan para remaja masjid dapat langsung masuk ke pribadi pembaca dan bisa melakukannya tanpa paksaan.

“Siapa tahu, kalau yang mengajaknya anak muda dengan bahasanya anak muda, imbauannya lewat hp, yang lain masuk kepada pribadi mereka, hati mereka sehingga bisa ke mesjid,” jelas Uu.

Diketahui, kegiatan Pelatihandan pelatihan Digital Literasi ramatloka ini diikuti oleh 100 remaja masjid baik putra maupun putri dari seluruh kecamatan di Kabupaten Majalengka.

Sementara itu, menurut perwakilan Kadubes Amerika Kresna Sugio,. kegiatan digital literasi ini merupakan kegiatan untuk memberikan grand kepada para alumni IVLP. ” Apa yang mereka dapatkan dan pelajari di Amerika dapat diaplikasikan dimasyarakat khususnya masyarakat Jawa Barat,” kata Kresna.

Kresna berharap kegiatan digital literasi ini, bisa lebih mengedukasi terutama para pelajar yang ada di jawa barat untuk lebih bijak dan lebih bertanggung jawab dalam menggunakan platform digital maupun medsos. ” kita tidak ingin apa yang mereka sebarkan, apa yang mereka tulis ataupun mereka posting itu, justru bisa memancing hal hal yang tidak diinginkan. jadi bagaimana mereka lebih bertanggung jawab dalam menggunakan medsos,” Pungkas Kresna ( KD – 02 )