Redam Harapan Masyarakat Terhadap Bantuan Pemerintah, Pemuda Majalengka Gelar Aksi Sosial

oleh -206 views

Majalengka, korandesa.id – Puluhan pemuda majalengka yang tergabung dalam ‘Dapur Rakyat’ gelar aksi sosial ditengah pandemi covid-19, aksi bagi-bagi nasi kotak yang berisikan makanan siap saji di sekitar Jln. KH. Abdul Halim ini mereka agihkan kepada masyarakat yang membutuhkan, Senin(11/5).

Pemuda yang tergabung dalam dapur rakyat ini berasal dari organisasi kepemudaan serta komunitas di Majalengka diantaranya HMI, GMNI HIMMAKA, SAPMA PP, Komunitas Motor Vespa, Komunitas Motor Matic dan Aliansi Pelajar Majalengka.

Dapur Rakyat yang mereka inisiasi secara bersama-sama memiliki arti yang sangat filosofis karena bentuk kegiatan bagi-bagi nasi kotak ini adalah hasil dari swadaya bersama-sama yang mengandung arti dari sebuah sistem demokrasi yakni dari rakyat, oleh rakyat, untuk rakyat.

Dapur Rakyat yang dimulai sejak Sabtu (09/5) kemarin. Pada hari pertama, mereka berhasil bagikan sebanyak 100 box nasi. Di hari kedua, mereka bagikan lebih banyak dari hari sebelumnya yakni sebanyak 170 box nasi.

Dikatakan salah satu pegiat dapur rakyat Edi Apriadi, inisiasi bagi-bagi nasi kotak ini bentuk kepedulian pemuda kepada masyarakat ditengah pandemi covid-19.

“Kita harus tetap peduli ditengah krisis sulitnya ekonomi akibat wabah ini,” Ujar Edi, Salah satu Pengurus Besar HIMMAKA Indonesia.

Senada dari Edi, kegiatan ini juga sebagai penawar untuk masyarakat akan bantuan yang diangankan pemerintah kepada masyarakat.

“Karena di masyarakat bawah itu kan, berharap lebih kepada pemerintah terkait bantuan yang akan di gelontorkan oleh pemerintah daerah, pemerintah provinsi baik pemerintah pusat, itu yang sangat memanas di masyarakat, maka dengan kegiatan ini saya harap bisa meredam harapan masyarakat yang berlarut-larut akan adanya bantuan dari pemerintah,” Tutur Edi, Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu.

Koordinator Dapur Rakyat Ari Putra Danianto harapkan dapur ini harus terus berasap agar bisa membantu masyarakat yang membutuhkan ditengah pandemi. Ari juga berharap kegiatan ini bisa mendapatkan support dari berbagai kalangan dermawan untuk mendukung dan ari juga membuka bagi siapa saja yang ingin bergabung dalam aksi sosial ini.

“Selama pandemi ini sampai kapan berakhir, dapur ini akan tetap ngebul untuk membantu rakyat, Saya harap pemerintah harus segera menurunkan bantuan sosial kepada masyarakat yang sebagaimana mestinya,” Ujar Ari.

(Rick)