Sempat Akan Anggap Covid-19 Jadi Flu Biasa, Singapura Kini Malah Lockdown Lagi

oleh -14 views
Singapura (Gambar: Istimewa)

Singapura, korandesa.id Singapura sempat berencana akan menganggap Covid-19 sebagai flu biasa. Namun ‘Negeri Singa’ itu, saat ini malah memberlakukan lockdown lagi.

Pemerintah setempat mulai memberlakukan lockdown pada hari ini, Kamis (22/7/2021), hingga 18 Agustus nanti.

Singapura mengambil langkah tersebut karena lonjakan kasus Covid-19 di Negaranya kembali mencuat.

“Ini sangat memprihatinkan, karena dapat mempengaruhi banyak orang di komunitas kami di seluruh pulau,” kata Kementerian Kesehatan Singapura dalam sebuah pernyataan sebagaimana korandesa.id cadur dari radarcirebon.com.

Otoritas Singapura dengan sigap membuat aturan lockdown yang sangat ketat kali ini. Salah satunya adalah pembatasan jumlah maksimum orang berkumpul. Dari 5 orang kini menjadi hanya 2 orang.

Lalu aturan lainnya akan ada larangan makan ditempat dan berolahraga di ruang indoor.

Adapun penyebab peningkatan kasus Covid-19 yang signifikan ini, pemerintah Singapura telah menemukan beberapa kluster yakni, sebuah lounge karaoke.

Lounge karaoke saat ini tercatat menjadi penyumbang kasus Covid-19 terbanyak, 120 kasus.

Kasus lainnya berasal dari transmisi virus corona di Pasar Ikan Jurong.

Dengan itu, klub malam, bar, dan ruang KTV (Karaoke TV) telah dilarang beroperasi di Singapura sejak tahun lalu karena pandemi virus corona.

Pemerintah setempat menilai bisnis ini berisiko tinggi dalam penyebaran virus, karena kegiatan di tempat terkadang melibatkan pelanggan bersosialisasi dengan lady companion dan konsumsi minuman beralkohol.