Soal Koalisi Indonesia Maju, PDIP Masih ‘Pede’ di Pemilu 2024

oleh -6 views

MAJALENGKA – Jelang Pemilu 2024, perpolitikan di Tanah Air mulai memanas. Baru-baru ini koalisi yang mengatakan nama Indonesia Bersatu resmi dibentuk oleh tiga partai politik, Golkar, PAN dan PPP.

Kemunculan koalisi tersebut, kini tengah menyedot perhatian publik, salah satunya Ketua DPD PDIP Jawa Barat, Ono Surono.

Ia menyampaikan, terbentuknya koalisi Indonesia Bersatu merupakan dinamika dalam berpolitik. Akan tetapi koalisi tersebut, kata Ono, dianggap tidak berpengaruh kepada PDIP.

“Tidak ada (pengaruh). Karena itu dinamika yang belum bisa menentukan gitu. Apalagi menghadapi pemilu legislatif, pasti tidak ada koalisi partai, karena masing-masing partai ingin dapat suara. Jadi mungkin koalisi itu, ya tidak bersifat permanen,” kata Ono, Sabtu (14/5/2022).

Dengan demikian, Ono meyakini, PDIP bisa berdiri diatas kakinya sendiri menjelang Pilpres 2024. Sehingga, partainya kini tetap fokus terhadap program-program politik kerakyatan.

Adapun terkait program politik kerakyatan yang dimaksud Ono itu adalah terkait pekerjaan pada bagian sandang, pangan, papan infrastruktur, kesehatan, pendidikan, agama dan budaya.

“Jadi kita belum berpikir ke arah koalisi. Tapi yang penting sesuai dengan Ketua Umum DPD, DPC, PAC sampai anak ranting harus fokus untuk pekerjaan-pekerjaan politik kerakyatan. Apalagi terkait dengan Pilpres kan, PDIP bisa mengusung sendiri,” ujar dia.

(Erc)