Sutrisno: Upaya Pencegahan Corona Jangan Sebatas Seremonial

oleh -219 views

Majalengka, korandesa.id – Dr. H. Sutrisno, SE, M.Si. anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, soroti dampak sosial dan ekonomi masyarakat akibat wabah Covid-19, menurutnya pencegahan pandemik ini sudah bukan masanya dilakukan secara seremonial namun harus ada langkah-langkah yang kongkrit dalam penanganan virus corona.

Dipaparkan sutrisno, dalam menghadapi wabah corona yang sedang berlangsung ini sebetulnya rakyat di desa-desa biasa-biasa saja dalam menghadapinya, karena penularan sendiri sebetulnya dibawa sama orang luar.

“Langkah efektifitas penanganan dalam hal ini semua desa/kelurahan harus disemprot disinfektan dan itu bisa diajak gotong royong,” Beber Anggota Komisi IV DPR RI.

Sutrisno juga menyuguhkan solusi untuk pemerintah Kabupaten Majalengka dalam hal menangani virus corona, ia sarankan pemkab majalengka agar melakukan penyemprotan disinfektan ke-330 desa dan 14 kelurahan.

“Gunakan anggaran pemerintah daerah, bupati punya kewenangan, tinggal tugaskan masing-masing kepala dinas, tugaskan pegang 10 desa per-dinas, saya yakin tidak akan ada yang menolak,” Paparnya.

“Setelah selesai penyemprotan warga dihimbau untuk disiplin menjaga wilayahnya masing-masing, jangan sudah di semprot terus melakukan aktivitas lagi dalam artian jangan sampai ada pemudik dari luar daerah datang ke wilayah yang sudah di semprot, jika masih ada yang membandel, balik lagi semprot bersama-sama,” Tambah Sutrisno.

Pengaruh Ekonomi Ke-masyarakat Akibat Corona

Lalu perekonomi juga pasti akan berpengaruh besar, baik ke-masyarakat menengah keatas apalagi kepada masyarakat menengah ke-bawah akibat dari wabah covid-19 ini.

“Solusinya bagi rakyat yang sudah berjalan normal hasil produksinya upayakan dibeli oleh pemerintah, jangan beli sembako pabrikan, tapi beli sembako dari rakyat langsung, atau unggas peliharaan rakyat, sortir langsung dari petaninya,” Kata Sutrisno.

Sambung sutrisno, jadi ketika menyumbangkan bantuan kepada masyarakat akibat pengaruh covid-19 ini tapi masih ada perputaran ekonomi yang menguntungkan untuk masyarakat sendiri.

Disamping itu Sutrisno juga sarankan untuk penyaluran bantuan kepada masyarakat harus dikontrol sampai kepada masyarakat agar tidak ada yang mempermainkan bantuan untuk rakyat.

“Penyaluran sembako harus ada pengontrolan, jangan sampe ada protes dari masyarakat,” Tandasnya.

(Rick)