Taman Desa Kulur Bantu Perekonomian Rakyat

oleh -397 views
Foti Istimewa: Kepala Desa Kulur Hasan Sunarto

Majalengka, korandesa.id – Desa Kulur saat ini terus berupaya berbenah desanya terutama dalam hal infrastruktur, Berkat terobosan serta inovasi Kepala Desa Kulur yang baru yakni Hasan Sunarto atau yang akrab disapa Otong Kanel.

Desa Kulur kini semakin indah berkat hadirnya Taman Ekalaya, “Taman tersebut kami bangun guna menarik perhatian pengunjung untuk singgah disisi lain juga bisa membantu perekonomian masyarakat,” Ujar Hasan Sunarto saat ditemui di ruang kerjanya, Senin(9/03).

Dok. Pemandangan Taman Ekalaya Desa Kulur

Penamanaan ‘Taman Ekalaya’ sendiri menurut Kepala Desa tersebut tidak ada history’s dari penamaan sejarah desa kulur, Namun penamaan tersebut hasil dari kesepakatan bersama para tokoh-tokoh atau kasepuhan-kasepuhan desa kulur.

“Penamaan Ekalaya tersebut diambil dari lapang sepak bola desa kulur, karena taman tersebut juga berdampingan dengan lapang sepak bola kira-kira begitu,” Tanggap Otong Kabel nama akrab Kepala Desa Kulur.

Tidak sampai tahap pembangunan taman saja Hasan Sunarto juga sangat serius untuk mendorong perekonomian masyarakat sekitar.

“Selanjutnya kami juga akan membangun ruko-ruko dipinggir jalan tepat berdekatan dengan taman tersebut,” Tandas Kuwu.

Diakui oleh Enjum pedagang warung disekitaran taman tersebut, Semenjak hadirnya Taman Ekalaya tampak terasa adanya peningkatan pendapatan baginya.

“Alhamdulillah sangat terasa suka ada aja pengunjung yang jajan kesini,” Ucapnya.

Taman yang diresmikan sekitar bulan November – Desember tahun 2019 berhasil menghabiskan anggaran sebesar 400 Juta Rupiah.

“Anggaran tersebut menghasilkan Taman Ekalaya tersebut, terus bangunan seperti Pos Keamanan, Musola dan Toilet dikawasan taman dan paving block untuk lahan parkir taman tersebut,” Jelas Hasan Sunarto.

Dok. Suasana Taman Ekalaya Desa Kulur

Namun kondisi taman saat ini jika dikunjunginya disiang hari terasa sangat membakar kulit lantaran belum ada tempat untuk berteduh.

“Insya Allah kedepannya kita akan anggarkan untuk dibangunkan saung-saungan disekitaran taman agar lebih teduh tentunya membuat nyaman pengunjung,” Tambah Kuwu Kulur Tersebut.

(Rick)