Tugas Pokok Terlaksana Warisan Budaya Pun Perlu Dijaga

oleh -26 views

MAJALENGKA, korandesa.id – Seperti biasanya, sebelum Adzan Duhur berkumandang anggota Satgas TMMD Ke 105 Kodim 0617/Majalengka melaksanakan istirahat setelah melaksanakan pengerjaan yang menjadi tugas pokok mereka selama menjadi anggota Satgas, (19/7/2019)

Ada pemandangan lain yang cukup menarik perhatian dua orang anggota Satgas dari Yonkav 4/KC Sertu Budi dan Kopda Sarjono, sepulangnya dari Mesjid di RT 17 RW 05 Blok Legasarai selesai melaksanakan sholat Dzuhur mereka melihat alat musik Rebana yang sedang dijemur oleh Bapak Dadang Edi.

“Pak, itu yang dijemur Rebana buat alat Marawis bukan?” ujar Sertu Budi. ” Betul Pak, ini Rebana yang sering digunakan untuk Marawis pada saat perayaan hari-hari besar Islam atau penyambutan tamu, hajatan dan lain-lain.” jawab Bapak Dadang. “Tapi sekarang sayang, sudah tidak digunakan lagi karena kurang minatnya warga yang mau belajar memainkannya, selain itu rebananya juga sudah banyak yang berkurang”.

Mendengar cerita itu kedua Anggota Satgas merasa terpanggil dan tertarik untuk belajar bagaimana cara memainkan musik Marawis.

Mereka berdua berharap, dengan mereka belajar Musik Marawis akan menggugah warga sekitarnya untuk belajar. Agar salah satu warisan budaya bangsa akan tetap terpelihara.

(Rick)