Viral !! Baru Dua Bulan Selesai, Jembatan Raharja Terancam Ambruk

oleh -184 views

Majalengka, korandesa. id – Jembatan Raharja di sungai Cikeruh yang menghubungkan akses jalan Desa Sindang dengan Desa Pasirayu Kecamatan Sindang Majalengka terancam ambruk, cor coran pada salah satu tiang penyangga jembatan ( ambutment ) dan pondasi terkelupas hingga terlihat rangka pembesiannya, padahal jembatan tersebut baru saja selesai diresmikan benerapa waktu lalu.

Selain cor coran yang terkelupas terlihat pula dasar pondasi pasangan batu di kolong jembatan yang sudah menganga karena tergerus air.

Menurut salah satu warga Sindang yang kebetulan bertemu di lokasi jembatan membenarkan kalau jembatan tersebut baru 2 bulan selesai sudah rusak karena tergerus air. ” Iya jembatan ini baru selesai 2 bulan lebih, tapi cor corannya sudah rusak lagi dan pondasi nya kelihatan gak dalam, itu sudah kelihatan menggantung pondasinya”, kata warga sambil menunjuk ke salah satu pondasi jembatan raharja tersebut.

Rusaknya jembatan Cikeruh yang baru beberapa bulan selesai ini menjadi viral dan mengundang reaksi netizen di media sosial. Seperti yang dikatakan salah satu netizen bernama bayu armendo kuntoro dalam cuitan akun facebooknya tertanggal 5 Maret 2020. “Ceunah iye pagawean Anggota dewan Donatur Tetap pemenang pilkada majalengka, tos ancur ui we eta jembatan padahal karek 2 bulan beres”, ( ” katanya ini pekerjaan anggota dewan donatur tetap pemenang pilkada majalengka, sudah hancur lagi itu jembatan padahal baru 2 bulan beres”,). Kata bayu armendo dalam cuitan akun facebooknya.

Dalam cuitannya yang lain, Bayu Armendo Kuntoro meyakini bahwa jembatan yang di bangun pada akhir tahun 2019 lalu, di kerjakan oleh salah satu anggota DPRD Kabupaten Majalengka dengan meminjam bendera PT. Delima Jaya Intiland.

Atas cuitan tersebut beragam komentar negatif terus berdatangan mengisi status facebook Bayu Armendo. Ada yang meminta untuk di usut oleh penegak hukum, dan ada pula yang minta untuk segera diperbaiki.

Saat wartawan korandesa.id melakukan cek & ricek ke lapangan memang benar salah satu tiang penyangga jembatan di bagian bawah pondasi sudah terkelupas dan terkikis habis oleh air cikeruh. Nampak disitu rangka besi ambutment menganga keluar dan berkarat. Ini sangat menghawatirkan, harus secepatnya dilakukan perbaikan agar jembatan tersebut tidak ambruk.
(KD 01/ KD 02 )