Waspada! Majalengka Berpotensi Diguyur Hujan Es

oleh -9 views

MAJALENGKA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning), berpotensi terjadi hujan Es.

Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Kertajati Ahmad Faa Izyin mengatakan, hujan es berpeluang mengguyur daerah tersebut ketika terjadi awan Cumulonimbus.

“Di wilayah Ciayumajakuning bisa berpotensi hujan Es. Jika kondisi atmosfer mendukung yaitu adanya awan hujan yang disebut awan Cumulonimbus dengan puncak di dalam awan suhunya yang sangat dingin. Lalu didukung oleh faktor kondisi lingkungan sekitar,” kata Faa Izyin, Rabu (29/12/2021).

Lebih lanjut, dia menjelaskan, hujan Es sendiri berpotensi terjadi selama memasuki musim penghujan, dari bulan November sampai Maret. Namun, hujan Es sendiri akan lebih besar kemungkinan terjadi saat puncak musim hujan.

“Terutama puncak musim hujan di bulan Januari. Mengingat saat ini musim hujan dan menjelang masuk puncak musim hujan (Januari), kondisi pertumbuhan awan-awan hujan seperti awan Cumulonimbus meningkat,” jelas dia.

Selain berpotensi fenomena hujan Es, lanjut dia, awan Cumulonimbus juga bisa memicu beberapa bencana Hidrometeorologi. Salah satunya hujan lebat disertai angin kencang, berpeluang terjadi saat awan jenis itu menggumpal.

“Awan Cumulonimbus bisa menyebabkan hujan es atau pun Hujan disertai angin kencang dan petir. Bisa juga menyebabkan Puting beliung,” tandasnya. ***